05 Jan 2021, 00:36Penyakit Lainnya

Bengkak pada buah zakar kanan dan sakit perut, apakah hernia?

RP
Info Penanya: RP0
Saya merasakan ada nya pembekakan pada buah zakar pada sebelah kanan. Dan bengkak ini jika ditekan/disentuh akan terasa sakit pada perut. Apa penyakit yg saya rasakan sekarang dok??
249 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, RP.Hernia, adalah sebuah kondisi ketika organ dalam tubuh menekan jaringan yang lemah, sehingga menyebabkan tonjolan yang tidak seharusnya. Ada beberapa jenis hernia, dan yang berhubungan dengan kondisi Anda disebut hernia inguinalis. Kondisi ini disebabkan oleh turunnya organ dalam tubuh, yaitu usus, sampai ke dalam kantung zakar.

Gejala Hernia Inguinalis

Tentunya, hal ini akan menimbulkan gejala seperti:
  • pembengkakan pada salah satu buah zakar
  • nyeri atau tidak nyaman pada perut
  • gangguan buang air besar (konstipasi)
Apabila Anda merasakan hal-hal tersebut, segera konsultasikan keluhan ini kepada dokter spesialis bedah. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, misalnya USG testis atau laboratorium. Apabila memang hernia inguinalis, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan tindakan bedah agar usus dapat kembali ke posisi semula.Hindari mengabaikan keluhan ini, karena dikhawatirkan dapat terjadi komplikasi seperti misalnya hernia strangulata. Pada kondisi ini, usus sudah terjepit dan dapat menimbulkan nyeri hebat. Kondisi ini juga dapat menyebabkan terganggunya aliran darah pada usus dan berpotensi memicu kematian sel. Pada beberapa kasus, hernia strangulata dapat mengancam jiwa penderita apabila tidak ditangani secara darurat.Jadi, segera luangkan waktu untuk merencanakan konsultasi tatap muka kepada dokter bedah ya. Semoga bermanfat. Salam sehat,
dr Sylvia
herniausushernia inguinal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil