01 Dec 2020, 15:40Penyakit Lainnya

Kenapa benjolan kelenjar getah bening berubah-ubah?

DA
Info Penanya: DA0
Dokter Dwiana Ardianti, Terima kasih atas jawaban pertanyaan saya mengenai pembengkakan kelenjar getah bening.Dokter menjelaskan mengenai berbagai kemungkinan penyebab. pembengkakan. Tetapi yang saya permasalahkan itu , katakan aja salah satu penyenbabnya adalah infeksi. Mengapa pembengkakan ini mengecil di pagi hari, tetapi bertambah besar di sore hari, apakah infeksi itu bisa berubah-ubah sepanjang hari? Moho penjelasan Dok, terima kasih.
923 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo DA,Saya akan mencoba mejawab pertanyaan Anda.Benjolan yang Anda alami dapat disebabkan salah satunya karena pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan ini dapat terjadi jika ada infeksi di organ sekitarnya. Kelenjar getah benig ini juga dapat mengecil dengan sendirinya jika infeksi tersebut sudah membaik.

Kenapa benjolan kelenjar getah bening berubah-ubah?

Gejala yang Anda alami bisa karena saat beraktifitas Anda dalam keadaan sibuk, dan tidak terlalu memperhatikan benjolan yang ada. Pada saat sore hari, saat ada beristirahat, Anda lebih memperhatikan kondisi tubuh Anda, sehingga seakan-akan benjolan tersebut semakin membesar.Kondisi ini juga dapat dipengaruhi imun Anda, jika imun Anda lebih baik di pagi hari, dan saat sore hari anda sudah lelah beraktifitas membuat imun menjadi tidak optimal, ini mengakibatkan benjolan lebih membesar di sore hari.Selain karena pembesaran kelenjar getah bening, benjolan yang Anda alami dapat disebabkan oleh penumpukan lemak yang ada di bawah kulit atau lipoma. Benjolan ini tidak berbahaya, namun dapat membuat risih penderitannya. Benjolan dapat ditemukan di seluruh tubuh dan dapat bertambah.

Kapan harus ke dokter?

Jika keluhan yang Anda alami semakin berlanjut, diikuti demam, kelelahan fisik, penurunan berat badan, batuk yang lama, atau infeksi organ lainnya, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
kelenjar getah beninginfeksi bakterilipoma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil