Pembengkakan kelenjar getah bening di leher

DD Info Penanya: DD, Wanita, 2019 Tahun
Dok . 3 bulan yg lalu leher saya bagian kiri ada benjolan. Saya sentuh itu sakit. Saya juga tidak demam. Setelah 3hari ga kempes . Saya priksa ke dokter. Kata dokter ini sakit pembengkak an kelenjar getah bening. Lalu saya dikasih obat. Setelah minum obat benjolan saya mulai kempes. Tapi setelah minum obat rasanya nyeri di leher kayak (cekrak cekrak) gitu rasanya . Sekarang sudah kempes benjolan saya . Ini sudah 3 bulan kemudian tapi nyeri (rasa cekrak cekrak) di leher saya saat ini masih ada. Terus pertanyaan saya 1.apakah ini berbahaya?2. Atau penyakit lain nya,seperti tumor /kanker? 3.Atau ini efek pernah sakit pembekangkak an kelenjar getah bening dan akan sembuh nyerinya seiring waktu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DD

Limfadenitis adalah pembesaran pada satu atau lebih kelenjar getah bening. Paling sering karena melawan infeksi, sehingga kelenjar getah bening banyak diisi sel darah putih untuk mengatasi infeksi yang terjadi di suatu tempat. Manusia memiliki ratusan kelenjar getah bening, dan yang bisa teraba hanya yang terletak di bawah rahang, ketiak dan selangkangan. Kadang memang kelenjar getah bening dapat membesar akibat adanya kanker.

Normalnya kelenjar tersebut kecil dan keras, ketika telah terinfeksi akan membesar, terasi nyeri dan bisa juga teraba di tempat lain. Infeksi yang menyebar ke kelenjar getah bening biasanya disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur. Sehingga anda memerlukan resep obat antibiotika. Untuk evaluasi lebih lanjut, sebaiknya anda diperiksa oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam,

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Limfadenopati adalah bengkak pada kelenjar getah bening yang bisa jadi pertanda kanker

Limfadenopati, Bengkak pada Limfa yang Mungkin Gejala Penyakit Serius

Limfadenopati adalah bengkak pada kelenjar getah bening yang bisa jadi pertanda kanker. Gejala limfadenopati bisa berbeda-beda, tergantung dari letak pembengkakan berada.