Pembengkakan jantung dan tekanan darah

LC Info Penanya: LC, Pria, 2019 Tahun
Selamat pagi dokter, saya mau bertanya, ayah saya sudah 8 hari dirawat di rumah sakit, ayah saya menderita pembengkakan jantung, pertama masuk rumah sakit kondisi ayah saya masih bisa dikatakan lumayan, akan tetapi pada hari ketiga kondisi ayah saya mulai menurun karena tensi darah rendah, dokter di rumah sakit itu bilang bahwa ayah saya harus menggunakan alat monitoring untuk memasukan obat, tetapi sampai sekarang tensi darah tak kunjung naik, nah dokter ada tidak cara lain untuk menormalkan tensi darah ayah saya? Bisa tidak menaikan tensi darah dari makanan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, LC

Jantung adalah suatu otot yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Otot bila bekerja berat dibanding biasanya akan membengkak. Sehingga jantung akan membengkak bila kerjanya melebihi kemampuannya. Tekanan darah sebagai gambaran kekuatan pompa jantung untuk mengeluarkan darah ke seluruh tubuh dan menerima darah dari seluruh tubuh.

Alat monitoring digunakan agar obat untuk menaikkan tekanan darah sesuai kebutuhan. Saat tensi rendah diberi dosis lebih tinggi dan sebaliknya. Bila jantung sudah memerlukan bantuan dengan obat-obatan maka itu menandakan mulai ada penurunan fungsi jantung. Penurunan fungsi jantung disebabkan banyak hal dari penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes, kolesterol, dan lainnya. Kondisi seperti ini disebut gagal jantung, perkembangannya secara bertahap dan biasanya sudah kronis serta sulit kembali seperti semula.

Saran saya diskusi lebih lanjut dengan Dokter Spesialis yang merawat bapak, bagaimana perkembangan penyakitnya dan kemungkinan pemulihannya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda dapat mengiringi pengobatan jantung koroner dari dokter dengan makanan yang alami dan sehat

Dekat dengan Anda, Ini Pengobatan Jantung Koroner Secara Alami

Beberapa kandungan dalam makanan yang dapat menjadi pengobatan jantung koroner secara alami. Kandungan makanan yang dapat dijadikan pengobatan jantung koroner salah satunya adalah omega-3.