Pembengkakan di leher, pertanda penyakit apa?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Hai dokter. Saya menemukan leher sebelah kanan tepatnya dibawah rahang kanan saya ada pembengkakan. Memang tidak sakit, hanya saja saya merasa lelah terus-menerus, dan kadang disertai demam yang tidak diketahui sebabnya. Menurut medis, diagnosanya apa ya dok? Pengobatan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Teraba benjolan di leher bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  1. Limfadenopati.
  2. Limfadenitis TB.
  3. Lipoma.
  4. Kista.
  5. Abses.

Yang perlu Anda perhatikan adalah sudah berapa lama benjolan tersebut muncul, semakin bertambah besar atau tidak, apa ada keluhan lain yang menyertai? Bila Anda merasa lemas, sering demam tanpa sebab yang jelas, sebaiknya segera periksa ke dokter, karena bisa saja Anda menderita limfadenitis TB akibat infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosa.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah mengompres benjolan dengan air hangat, hindari menekan-nekan benjolan, perbanyak asupan sayur dan buah, cukup istirahat serta rutin berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar hasilnya maksimal, Anda sebaiknya beristirahat dengan cukup, sebelum menjalani tes medical check up

Anda Gagal Tes Medical Check Up? Ketahui Penyebabnya Berikut Ini!

Tes medical check up adalah pemeriksaan yang bertujuan memastikan kondisi kesehatan calon karyawan. Ada beberapa penyakit yang dapat membuat tes medical check up gagal, seperti Hepatitis B, Hepatitis C, HIV/AIDS, TBC, Efusi Pleura, Malaria, dan Kondisi kejiwaan atau neurologis.