19 Sep 2021, 00:52Kulit & Kelamin

Pembengkakan antara anus dan vagina anak apakah bahaya?

NY
Info Penanya: NY, Wanita, 31 Tahun
Assalamu'alaikum dokter. Saya mau tanya, Diantara lubang anus dan vagina Anak saya ada seperti benjolan dan diujungnya putih. Awalnya hanya merah saja. Tapi sekarang diujungnya putih. Bahayakah itu dokter? Anak saya sekaranh usia 1th 2 bulan. Tidak ada keluhan yg lain, dia tidak rewel, BAB nya juga aman dan lancar. Apa yang harua saya lakukan? Sebelumnya terimakasih dokter.
356 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Benjolan yang muncul diantara vagina dan anus bisa terjadi karena beberapa kemungkinan penyebab mulai dari bengkak karena alergi, iritasi maupun adanya infeksi. Infeksi juga ada berbagai macam namun yang tersering adalah folikulitis atau peradangan pada folikel. Kondisi alergi pada pampers juga dapat menyebabkan keluhan ini sehingga akan lebih memudahkan untuk mengetahui penyebab benjolan jika ditelaah lebih lanjut kondisi apa yang terjadi pada anak sebelum muncul keluhan.

Mengatasi benjolan diantara anus dan vagina

Untuk sementara lakukan kompres dingin pada area keluhan setidaknya dua kali sehari selama 10-15 menit. Jaga kebersihan area sekitar vagina dan anus agar tidak lembab dan bersihkan dengan cara membasuh dari depan ke belakang sehingga bakteri dari anus tidak masuk ke vagina. Keluhan juga dapat terjadi karena adanya kulit yang berlebih yang tidak berbahaya dan tidak perlu di operasi jika tidak mengganggu. Namun jika terasa ada keluhan gatal, perih, maupun jika keluhan tidak membaik dengan sendirinya selama 4hari kedepan lakukan pemeriksaan kepada dokter kulit dan kelamin untuk diberikan pengobatan lebih lanjut.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kulit sekitar kelaminmasalah kulitinfeksi kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil