Pembekaman sebagai alternatif pengobatan sakit punggung

NK Info Penanya: NK, Wanita, 39 Tahun
Assalamu'alaikum dokter, mohon izin bertanya. Apakah pembekaman di tempat-tempat yang terstandarisasi itu efektif sebagai pengobatan alternatif sakit punggung? Saya sering merasa pegal/nyeri di pinggang dan juga punya wasir. Mohon penjelasannya. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Waalaikumusalam NK.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Terapi bekam adalah terapi alternatif yang telah ada sejak lama dan masih banyak dilakukan hingga saat ini. Metode kerja terapi bekam ialah menghisap pembuluh darah kapiler dengan menempatkan cawan yang membentuk ruang hampa udara pada permukaan kulit tubuh normal atau yang sudah terlebih dahulu dilukai.

Jenis-jenis terapi bekam

Seiring berjalannya waktu terapi bekam berkembang dan memiliki dua jenis. Perbedaan dar kedua jenis tersebut terletak pada metode dan cawan yang digunakan. 

1. Terapi bekam kering 

Terapi bekam yang dilakukan menggunakan cawan kecil yang terlebih dahulu dipanaskan, dengan tujuan menciptakan ruang hampa untuk menarik kulit dan otot akibat efek perubahan tekanan ketika api yang digunakan untuk memanaskan cawan mengecil.

2. Terapi bekam basah

Jenis bekam basah ini merupakan modifikasi modern dari bekam kering, dimana cawan yang dipakai ialah pompa karet dan dikatakan basah karena permukaan kulit yang akan ditempelkan cawan terlebih dahulu disayat hingga berdarah.

Hingga saat ini terapi bekam diklaim memiliki manfaat bagi kesehatan terutama sebagai :

  • pelancar peredaran darah
  • pereda nyeri otot
  • terapi pengobatan batuk
  • terapi untuk permasalahan jerawat

Namun demikian, terapi bekam tidak lepas dari efek samping yang dapat ditimbulkan, yakni :

  • infeksi pada luka sayatan
  • meningkatkan peluang bagi penularan penyakit hepatitis
  • dapat mengakibatkan luka bakar
  • dapat menimbulkan gejala pusing
  • dapat menimbulkan perdarahan di daerah tengkorak

Setelah mengetahui efek samping yang dapat ditimbulkan hendaknya untuk mempertimbangkan keputusan Anda sebelum melanjutkan menjalani terapi bekam, terutama pada daerah organ tubuh tertentu yang rentan seperti pada kulit kepala, karena hingga saat ini, belum terdapat cukup riset dan penelitian ilmiah yang membuktikan efektifitas serta manfaat dari terapi bekam.

Anda juga perlu mewaspadai terapi bekam apabila Anda memiliki kondisi medis dan penyakit tertentu seperti gangguan kelainan darah, gagal organ, penyakit kronis dan keadaan lainnya.

Ada baiknya Anda berkonsultasii secara langsung kepada dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melanjutkan menjalani terapi bekam.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan arteri dan vena yang paling dasar adalah pada fungsinya.

Mengenal Perbedaan Arteri dan Vena, Dua Pembuluh Darah di Tubuh

Perbedaan arteri dan vena yang utama terletak pada fungsinya. Arteri mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Sementara itu, vena mengalirkan darah dari seluruh tubuh, untuk kembali ke jantung.