14 Sep 2021, 13:52Gigi & Mulut

Pemasangan kawat gigi lingual braces

F
Info Penanya: F, Wanita, 27 Tahun
Dokter, apa benar pemasangan kawat gigi berjenis Lingual Braces hanya bisa dilakukan untuk kondisi gigi tertentu saja? Apa saja prosedurnya? Lalu, apa manfaat dari pemasangan Lingual Braces dibandingkan dengan kawat gigi lainnya?
190 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. Kawat gigi secara umum digunakan di depan gigi, berbahan metal yang berfungsi memperbaiki susunan gigi sehingga tidak timbul masalah pertumbuhan gigi dan proses mengunyah.  Walaupun saat ini sudah ada yang berbahan keramik sehingga tidak terlalu jelas namun tetap terlihat memakai kawat gigi.  Karena itulah ada jenis prosedur tindakan kawat gigi lain yaitu lingual braces.  Lingual braces merupakan salah satu dari tindakan pemasangan kawat gigi yang prosedurnya menyerupai pemasangan kawat gigi secara umum hanya saja kawat gigi dilakukan pada gigi bagian belakang sehingga tidak terlihat saat berbicara atau tersenyum sedang memakai kawat gigi.  

Manfaat lingual braces :

  • Tidak terlihat sehingga tidak menimbulkan rasa tidak nyaman terkait penampilan. 
  • Dapat memperbaiki masalah pada gigitan.
  • Dikatakan meminimalisir nyeri pada bibir dan mukosa pipi.  
  • Kawat gigi dapat dibentuk sesuai kenyamanan namun tetap efektif dalam memperbaiki masalah pada gigi geligi. 
Lingual braces ini secara teori dapat digunakan pada kondisi gigi apapun namun memang disarankan untuk yang memiliki masalah pada gigitan gigi misal gigitan silang, gigi yang lebih maju.  Pada beberapa kondisi gigitan yang terlalu dalam juga dapat menggunakan kawat jenis ini.  Namun, semua itu kembali pada pemeriksaan oleh dokter. Apakah kondisi gigi memang dapat menggunakan lingual braces atau tidak.  Untuk itu segera lakukan konsultasi dengan dokter gigi sehingga dapat diketahui pilihan pemasangan kawat yang sesuai dengan kondisi gigi anda.  Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat, dr. Farah
kesehatan gigikesehatan mulutkawat gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil