Serba-serbi pemasangan behel, seperti apa ?

NZ Info Penanya: NZ, Pria, 2 Tahun
Salam dok, jadi saya ini mau pasang behel tapi kata orang tua gak usah nanti tunggu lulus sekolah karna sekolahnya luar daerah sehingga untuk melakukan cek mingguan sulit, apa ada behel tanpa harus ganti karet, Yang langsung atau gimana gitu Dan untuk biaya pemasangan behel apa atas Dan bahwa berbeda apa hanya atas biaya lebih murah atau sebaliknya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NZ.

Pemasangan behel atau kawat gigi merupakan suatu prosedur yang dilakukan guna merapikan keadaan susunan gigi yang cenderung berantakan. Selain permasalahan estetika, gigi yang berantakan dapat berupa kondisi medis tertentu seperti maloklusi yang adapat mempengaruhi keadaaan rahang dan memicu terjadinya gigi belubang dan radang pada gusi.

Prinsip kerjad dari behel sendiri ialah memanfaatkan tekanan yang secara konstan akan mengatur sususan gigi pada posisi tertentu yang diharapkan sehingga dapat mengubah struktur rahang dan tulang di sekitar gigi seiring perjalanan waktu.

Mengenai pertanyaan Anda tentang jenis behel yang tidak harus ganti karet umumnya bukan berupa behel yang permanen, yakni behel lepasan yang berbentuk seperti kawat lengkung disepanjang permukaan gigi. Karena pada umumnya behel berbahan metal atau ceramic yang permanen memerlukan karet untuk memberikan daya tekanan pada gigi guna merubah posisi gigi. Adapun jenis behel transparan yang umumnya memakan biaya lebih besar dibandingakan dengan behel konvensional.

Untuk biayanya tentu akan berbeda jika hanya memasang behel pada bagian atas atau bawah gigi saja. Namun pada setiap fasilitas kesehatan biaya tersebut dapat berbeda-beda dan akan sangat bergantung pada kelainan gigi yang dialami setiap individu. Untuk dapat memastikan biaya tersebut Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Gigi atau bertanya pada bagian administrasi klinik gigi yang akan Anda tuju.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi tulang rahang atas adalah sebagai tempat melekatnya gigi bagian atas

Tak Kalah dari Rahang Bawah, Ini Fungsi Tulang Rahang Atas

Seringkali Anda mungkin melupakan keberadaan tulang rahang atas yang tidak bisa bergerak. Meskipun demikian, fungsi tulang rahang atas tidak kalah penting dengan tulang rahang bawah. Salah satu kegunaannya adalah membantu gerakan di wajah dan mulut Anda.