Pemasalahan pada vagina terasa perih dan gatal

AN* Info Penanya: AN*
Malam dok, dok kenapa ya setelah berhubungan dengan suami selalu vagina terasa sangat perih, keluar cairan yg membuat saya tidak nyaman karena terasa becek dan gatal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Adanya cairan saat berhubungan dapat merupakan keputihan. Keputihan sendiri adalah cairan yang timbul sebagai mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran vagina dari sisa sel yang mati, kotoran maupun hal lain. Tapi jika keputihan berubah warna, berubah konsistensinya, timbul rasa gatal, bau yang khas ataupun nyeri saat buang air kecil atau nyeri saat berhubungan seksual bisa merupakan keputihan yang tidak normal. 

Penyebab keputihan yang tidak normal sendiri diantaranya adalah:

Untuk itu perlu menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan rutin membersihkannya dengan membasuh menggunakan air hangat dan sabun biasa, hindari sabun khusus kewanitaan karena bisa memicu pertumbuhan mikroorganisme tertentu yang bisa memicu infeksi, keringkan sampai benar-benar kering terutama jika sudah buang air kecil, perbanyak minum air putih, ganti pakaian dan pakaian dalam lebih sering jika basah atau berkeringat, hindari menggunakan pembalut dengan parfume dan ganti pembalut tiap 3-4 jam sekali ketika sedang haid.

Jika keluhan tetap mengganggu ada baiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan sampel dari cairan keputihan tersebut dan ditentukan penyebabnya. Apabila disebabkan oleh infeksi bakteri, maka akan diberikan pengobatan baik dengan antibiotik dan juga obat untuk meredakan nyeri seperti parasetamol. Apabila penyebabnya adalah jamur maka akan diberikan obat antijamur. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keluarnya cairan menyerupai keputihan pascamelahirkan dapat menyebabkan masalah perkemihan

Lokia, Cairan Vagina yang Keluar Setelah Melahirkan

Lokia adalah keluarnya cairan dari vagina menyerupai keputihan setelah menjalani proses melahirkan. Cara mengatasinya dengan pembalut khusus untuk masa nifas.