pemalu dan pendiam, gk bisa berinteraksi dengan orang lain

A Info Penanya: A, Pria, 27 Tahun
Dok sya ingin tanya,,knp yah saya ini sangat pemalu dan pendiam gx bsa berinteraksi dgn org lain ,seakan mental ny jelek bgt,,apakah bisa disembuhkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, A

Kondisi pemalu dan pendiam merupakan kondisi yang normal pada beberapa orang. Kepribadian seperti itu akan tampak pada pribadi yang introvert dimana orang tersebut lebih cenderung suka menyendiri, pemalu, pendiam. 

Kondisi ini dapat mencetuskan rasa stress dan depresi pada beberapa individu, namun pada beberapa orang memiliki kepribadian yang cenderung pemalu dan pendiam merupakan kondisi yang nyaman bagi dirinya. 

Saran saya jangan terlalu dipikirkan mengenai rasa pemalu anda. Berpikir positif, temukan tujuan hidup seperti ingin bekerja apa, sekolah apa, ingin mencapai prestasi apa. Tunjukkan kepercayaan diri dengan melakukan kegiatan yang menyibukkan atau hobi baru, lakukan olahraga yang menimbulkan kepercayaan diri seperti fitnes, bola kaki, basket, olahraga beladiri juga bisa dilakukan karena terbukti membuat pribadi seseorang lebih percaya diri. Anda juga dapat memulai pembicaraan dengan orang terdekat seperti keluarga, temukan pasangan hidup yang membuat anda nyaman.

Anda juga tidak perlu memandang rendah diri anda dan menganggap sedang memiliki penyakit mental, jangan pernah mengukur atau membandingkan diri anda dengan orang lain dalam hal kebahagiaan dan prestasi. Temukan kondisi dan titik ternyaman anda.

Jika kondisi ini juga tidak berubah setelah melakukan saran saya, anda bisa berkonsultasi dengan seorang Psikologi atau Psikiater. 

Salam Sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan psikologis erat kaitannya dengan praktik bunuh diri

Pahami Tanda-Tanda Bunuh Diri Berikut pada Penderita Gangguan Psikologis

Bunuh diri erat kaitannya dengan gangguan psikologis, termasuk gangguan kepribadian ambang. Sebanyak 80% pengidap gangguan psikologis ini melakukan setidaknya satu kali usaha untuk mengakhiri hidup mereka. Menunjukan perilaku yang ganjil dan tidak rasional hingga perasaan tidak berharga atau rasa bersalah yang berlebihan dapat menjadi tanda dari bunuh diri.