Pemakaian trakeostomi

LN Info Penanya: LN, Wanita, 20 Tahun
Dok, apakah saya jenis trakeostomi ada yang permanen dan ada yg tidak, kalau iya untuk yg permanen maksimal pemakaian berapa bulan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, L.

Teimakasih atas pertanyaan Anda.

Trakeostomi merupakan salah satu prosedur pembedahan untuk membuat jalur saluran nafas dengan membuat sayatan pada leher hingga berbentuk lubang, lalu dapat dimasukan pipa trakeostomi. Setelah dipasang pipanya, maka akan disambungkan ke ventilator. Tindakan ini dikenal sebagai alat bantu nafas dan dilakukan pada pasien-pasien yang mengalami gangguan pernapasan dan paling sering pada pasien-pasien yang gawat darurat. Bisa juga dilakukan pada pasien yang memiliki trauma wajah yang berat, tumor di wajah, atau peradangan pada daerah kepala. 

Trakeostomi sendiri bisa digunakan dalam jangka panjang. Jadi, tidak ada batasan maksimal pemakaiannya. Asal, perawatan terhadap trakeostomi ini harus dilakukan secara rutin. Dengan tujuan untuk memastikan bahwa pipa trakeostomi tidak tersumbat sehingga aliran oksigen yang masuk masih lancar. 

Untuk memastikan apakah kondisi trakeostomi Anda ini masih dalam kondisi baik atau tidak, saya sarankan untuk Anda rutin kontrol ke dokter agar dapat dipastikan bahwa alatnya masih berfungsi. Jika ada sumbatan, dapat dibersihkan di area trakeostomi. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sesak napas mendadak dapat terjadi karena beberapa penyebab

Ketahui, 7 Hal Ini Ternyata Jadi Penyebab Sesak Napas secara Tiba-tiba!

Sesak napas atau dispnea dapat terjadi ketika paru-paru tidak mendapat udara yang cukup. Terkadang sesak napas datang secara mendadak. Penyebabnya adalah asma, emboli paru, pneumonia, hingga gagal jantung.