17 Jun 2021, 22:37Kandungan

Apakah hanya minum 1 tablet postinor saja mengurangi efektifitas obat ?

JA
Info Penanya: JA0
dok, bagaimana jika saya hanya minum 1 tablet postinor saja? apakah akan mengurangi efektivitas atau malah tidak berguna sama sekali? awalnya saya langsung minum 1 tablet setelah berhubungan, namun beberapa saat kemudian saya muntah, lalu paginya saya minum lagi tablet ke2nya. mohon dijawab ya dok, terimakasih
63 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, J.Tablet postinor atau disebut dengan pil kontrasepsi darurat adalah salah satu pencegah kehamilan yang efektif bagi pasangan lupa akan menggunakan kondom, lupa minum pil KB rutin, lupa suntik KB kembali, atau memang tidak menggunakan alat kontrasepsi namun belum ingin mempunyai keturunan.

Apakah hanya minum 1 tablet postinor efektif mencegah kehamilan ?

Pil KB darurat atau pil postinor akan efektif jika minum sesuai aturan. Pil postinor sebaiknya segera dikonsumsi setelah berhubungan dan maksimal dalam waktu 72 jam. Pil postinor kedua diminum dengan jarak 12 jam setelah tablet pertama.Namun jika saat minum pil postinor lalu Anda muntah dan pil postinor ikut keluar, keesokkan harinya Anda minum pil postinor kembali, ini sama saja Anda hanya mengkonsumsi 1 tablet postinor. Konsumsi 1 tablet postinor akan menurunkan efektifitas obat. Begitu pula jarak setelah berhubungan dengan konsumsi obat juga mempengaruhi kerja obat dalam mencegah kehamilan.Efek samping konsumsi pil postinor juga dapat dirasakan lebih besar antara lain mual, muntah, nyeri perut, nyeri kepala, diare, sehingga untuk konsumsi obat pil postinor kembali, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan. Segera gunakan KB jika setelah berhubungan saat ini, Anda tidak hamil dan masih mau menunda momongan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil