Pemakaian masker temulawak bikin kulit panas dan terkelupas

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, Saya sering menggunakan masker temulawak resep dari Alm. nenek. Saya sudah rutin pakai sejak usia 15 tahun dan hasilnya memang kelihatan. Dulu awal-awal penggunaan masker ini memang bikin rasa panas di wajah dan kulit mengelupas, tetapi setelahnya enggak. Nenek saya bilang itu karena temulawak nya kebanyakan atau temulawak nya terlalu tua. Apakah itu bener dok? Penggunaan temulawak yang alami untuk masker gimana ya dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Merawat kecantikan wajah sangat penting terutama bagi kaum hawa, berbagai cara dilakukan untuk mendapat kulit wajah yang putih, tidak berjerawat dan bercahaya. Salah satu cara yang sering dicoba adalah pemakaian masker dari bahan-bahan alami seperti lidah buaya, tomat, madu, temulawak, kentang, bengkoang, dll. Karena sifatnya yang alami maka tentunya akan dibutuhkan waktu lebih lama untuk menunjukkan hasilnya, dan terkadang orang sudah bosan duluan dan beralih ke cara instan seperti pemakaian produk-produk kecantikan yang banyak dijual bebas atau melakukan konsultasi dengan dokter kulit.

Perihal pemakaian temulawak sebagai masker karena efeknya mencerahkan kulit wajah, menyamarkan noda hitam, melembapkan kulit, mengatasi jerawat maka tentunya akan ada efek kulit jadi mengelupas sebagai usaha mengganti sel kulit lama dengan sel kulit baru. Namun bila kulit yang mengelupas terlalu banyak atau timbul kemerahan pada kulit, maka bisa saja tanda adanya alergi terhadap bahan temulawak tersebut, dan sebaiknya segera dihentikan pemakaiannya bila muncul reaksi seperti itu.

Penggunaan masker temulawak sendiri bisa dengan cara mencampurkan sejumput bubuk temulawak dengan 1 butir kuning telur serta 1 sendok teh minyak zaitun, oleskan ke wajah dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Selain menggunakan masker wajah, Anda juga perlu rutin mencuci muka, perbanyak konsumsi sayur dan buah, minum air putih 8 gelas setiap hari, kurangi stres, serta istirahat secara teratur untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang efektif adalah dengan perawatan laser

Ragam Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Ampuh

Ada beragam cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang bisa Anda coba, mulai dari yang bisa dilakukan sendiri, hingga dengan perawatan dokter.