Apakah penggunaan suntik KB dapat mempengaruhi siklus mestruasi?

SU Info Penanya: SU
Dok sy mw bertanya sy sebelumnya suntik KB 3 bln terakhir tgl 3 Juni lalu sy trlambat sampe skrg apakah sy bisa untuk suntik KB yang 1 bln dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Suntik KB terdiri dari 2 jenis, yaitu suntik KB 3 bulan (mengandung hormon progestin) dan suntik KB 1 bulan (mengandung hormon progestin dan esterogen). Baik suntik KB 3 bulan maupun suntik KB 1 bulan bila dilakukan secara rutin dan terjadwal terbukti sangat efektif mencegah kehamilan hingga 99%. Namun, apabila dilakukan tidak rutin dan tidak terjadwal atau sering terlambat suntik, maka kemungkinan peluang untuk terjadinya kehamilan semakin besar.

Kelebihan dari suntik KB adalah dapat bertahan lama (8-13 minggu tergantung jenisnya), tidak perlu menghitung masa subur sata akan melakukan hubungan seksual, tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi lain saat akan melakukan hubungan seksual, tidak perlu mengonsumsi pil KB setiap hari, tidak bereaksi dengan jensi obat lain, mengurangi nyeri saat haid, dan lain sebagainya. Selain beberapa kelebihan tersebut, terdapat beberapa kekurangan dari suntik KB.

Beberapa kekurangan dari suntik KB adalah:

  • Siklus menstruasi menjadi tidak teratur
  • Adanya nyeri atau bengkak pada area suntikan
  • Nyeri kepala / nyeri perut / nyeri payudara
  • Munculnya jerawat
  • Nafsu makan meningkat dan menyebabkan berat badan meningkat
  • Bagi sebagian orang dapat menyebabkan reaksi alergi (jarang)

Terkait dengan pertanyaan Anda, perlu diketahui bahwa baik suntik KB 3 bulan maupun suntik KB 1 bulan sama-sama memiliki efeksamping siklus menstruasi menjadi tidak lancar. Apabila Anda sudah melakukan suntik KB 3 bulan secara rutin, dan ingin berpindah ke suntik KB 1 bulan sebaiknya lakukan tes kehamilan terlebih dahulu sebelum Anda melakukan suntik KB.

Konsultasikan diri Anda dengan dokter spesialis kandungan terdekat, untuk menentukan jenis alat kontrasepsi yang sesuai bagi Anda. Tetaplah berusaha untuk menghindari stres, konsumsilah makanan sehat dan bergizi, lakukan istirahat cukup serta olahraga rutin.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat menstruasi kram perut akan dialami oleh kaum wanita

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid Secara Alami

Kram perut dapat dialami ketika menstruasi datang. Terdapat beberapa cara alami untuk mengatasinya, seperti minum teh herbal, mengurangi stres, pijat, akupuntur dan lainnya.