Bagaimana menentukan dosis cetirizine?

ED Info Penanya: ED, Wanita
mohon info pemakaian setirizin sirup unyuk usia 1 tahun kebawah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, ED.

Cetirizine termasuk dalam golongan obat antihistamin, yang berfungsi untuk mengurangi gejala alergi seperti gatal-gatal, mata berair, atau bersin-bersin. Beberapa penyakit yang menggunakan cetirizine sebagai penanganan adalah rhinitis alergi, dermatitis atopi, dan dermatitis kontak alergi. Cetirizine dapat dikonsumsi segala golongan usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. 

Beberapa efek samping yang dialami saat mengonsumsi cetirizine adalah mulut kering, mual, nyeri perut, sampai mengantuk. Pada kondisi tertentu seperti gangguan ginjal, gangguan hati, dan epilepsi, penggunaan cetirizine membutuhkan perhatian khusus.

Dosis cetirizine pada anak ditentukan dengan mengetahui berat badan anak, kondisi medis, dan respon terhadap obat tersebut. Selain itu, cetirizine tergolong ke dalam obat keras, sehingga sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis anak untuk mengetahui dosis yang tepat.

Jangan lupa untuk selalu memberikan Anda makanan bergizi dan air putih yang cukup, agar pertumbuhan dan perkembangannya berlangsung optimal. Hindari hal-hal yang membuat anak alergi, seperti debu, bulu binatang, serbuk bunga, tungau, kapuk, atau makanan dan minuman tertentu. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengawet makanan juga bisa terkandung pada garam

Kenali 5 Bahan Pengawet Makanan yang Aman Dikonsumsi Ini

Guna menjaga mutu dan kesegaran, pengawet kerap dimasukkan ke dalam beragam jenis makanan, terutama makanan dalam kemasan. Namun jenis-jenisnya tentu perlu diperhatikan. Berbahayakah?