31 Dec 2020, 11:32Penyakit Lainnya

Berapa lama efek sabu dan ganja dalam tubuh bertahan?

WA
Info Penanya: WA0
Dok ,saya mau tanya ,saya pemakai sabu dan ganja tapi saya jarang memakai nya biasanya dalam 1 minggu mau 2 kali atau pun dalam 1 tahun bisa di bilang 10 kali tapi hari ini dalam 1 tahun saya udah berhenti memakai narkoba .apakah kah narkoba di tubuh saya sudah hilang?
1991 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore FSabu dan ganja merupakan jenis narkotika golongan 1 yang bisa menyebabkan ketergantungan hingga sakaw dalam pemakaiannya. Pada penggunaan sabu dan ganja dapat meningkatkan kerja dopamin sehingga menimbulkan efek rasa senang, sulit tidur, nafsu makan menurun, dan nadi atau detak jantung yang cepat.Pada penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kelelahan, depresi, kecemasan dan ketergantungan. Selain itu sabu dan ganja juga bisa memberi efek buruk pada sistem saraf pusat yang bisa mengganggu kerja organ-organ tubuh hingga bisa menyebabkan kematian.

Lama efek sabu dan ganja dalam tubuh

Lama efek narkotika ini bertahan dalam tubuh tergantung dari dosis dan lama pemakaian. Sabu dan ganja dapat larut dalam lemak sehingga bisa menetap dalam tubuh yang bisa terdeteksi pada pemeriksaan. Beberapa pemeriksaannya adalah:
  • Urine, bisa bertahan 2-4 minggu terakhir pemakaian
  • Rambut, bisa bertahan 3 bulan terakhir pemakaian
  • Darah, bertahan hingga 2 minggu terakhir pemakaian
Lama tubuh menetralisir efek-efek dari penggunaan narkotika tergantung lagi dari niat anda. Bila anda masih mengkonsumsi secara terus-menerus walaupun tidak rutin, maka efeknya masih akan terus ada dalam tubuh. Karena itu hentikan secara total penggunaan narkotika sebelum terjadi ketergantungan.Semoga bermanfaat. Salam Sehat,dr. Pany CL 
narkolepsiketergantungan opioidnarkoba
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil