16 Feb 2021, 18:37Penyakit Lainnya

Apa yang menyebabkan nyeri otot berpindah ke dada ?

DP
Info Penanya: DP0
Saya sering mengalami pegal2 sampai terasa linu dan nyut2an yang sering berpindah pindah. Awalnya berada di punggung, lalu terasa berpindah ke area dada dan condong lebih sering di dada sebelah kiri dekat jantung. Terkadang sampai terasa sesak napas. Tapi kl dada terasa normal. Punggung mulai pegal2. Sudah bertahun tahun tak kunjung ada perubahan sampai saya bosan minum obat. Mohon pencerahannya
642 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D.Rasa pegal di tubuh dapat disebabkan oleh banyak hal termasuk kontraksi otot dimana otot yang berdiam diri dalam suatu posisi dalam waktu lama dan cenderung tidak aktif bergerak, membuat penumpukan asam laktat yang menimbulkan rasa nyeri di otot.

Apa yang menyebabkan nyeri otot berpindah ke dada ?

Penyebab nyeri otot yang Anda rasakan dapat disebabkan posisi saat duduk yang salah terutama dalam waktu lama dan secara terus menerus. Pekerjaan sering mengangkat beban berat juga dapat memperparah keluhan. Selain itu tubuh yang jarang berolahraga membuat otot kaku dan nyeri.Nyeri otot punggung yang berpindah ke dada, terutama rasa nyeri seperti ditimpa beban yang sangat berat, tidak boleh dianggap sepele, terutama rasa nyeri terus menerus hingga 15 menit, diikuti rasa tercekik, menjalar ke lengan kiri, keringat dingin serta mual dan muntah. Hal ini dapat disebabkan oleh penurunan oksigen pembuluh darah jantung yang harus diatasi segera.Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan EKG di dokter spesialis jantung terutama saat nyeri dada berlangsung, lakukan treadmill untuk melihat fungsi jantung, olahraga secara rutin diawali dengan pemanasan, dan diakhiri dengan pendinginan, lakukan pijatan ringan pada daerah punggung, hindari duduk terlalu lama, dan jauhi rokok.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
tips olahragaserangan jantungnyeri otot
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil