Pegal dan capek, baiknya minum obat atau vitamin apa ?

G Info Penanya: G
Siang dok, saya ingin bertanya kalau badan terasa capek banget dan pegel pegel. Minum obatnya apa ya? Atau vitaminnya. Saya usia 22tahun. Saya juga sudah konsumsi vitamin c dok. Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, G.

Pegal dan capek merupakan keluhan yang umum terjadi dan dapat desebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari pola hidup, aktivitas yang padat hingga indikasi dari kondisi medis tertentu.

Beberapa penyebab pegal dan capek yang umum terjadi diantaranya adalah :

Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin terjadi karena kurangnya istirahat atau tidur yang tidak seimbang dengan pola aktivitas yang sedang meningkat. Ataupun faktor psikologis seperti stres. Jika keluhan sudah lama dialami, perlu dipertimbangkan kemungkinan kondisi fibromyalgia ataupun sindroma kelelahan kronis yang umumnya tidak membaik kendati Anda telah beristirahat dengan cukup.

Untuk pertanyaan Anda mengenai obat, perlu terlebih dahulu diketahui kondisi medis yang mendasarinya agar pengobatan yang diberikan tepat. Sementara jika ada keluhan nyeri yang mulai membuat Anda sulit untuk beraktivitas Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek.

Untuk vitamin C sudah tepat Anda konsumsi karena dapat membantu meningkatkan daya tahan atau sistem imun tubuh Anda. Vitamin lainnya yang dapat membantu untuk mengatasi pegal-pegal adalah vitamin B sedangkan mineral yang dapat pula Anda konsumsi adalah potasium atau kalium serta magnesium yang banyak terkandung pada sayuran hijau.

Jika keluhan berkelanjutan ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit belpasi atau Bell's palsy menyebabkan salah satu sisi wajah menurun dan kelopak mata menurun

Penyakit Belpasi, Paralisis Wajah yang Bisa Sembuh dengan Sendirinya

Penyakit belpasi atau Bell’s palsy adalah kelumpuhan wajah yang terjadi tiba-tiba, puncaknya setelah 48 jam. Pemicunya adalah trauma pada saraf yang bertugas mengatur pergerakan organ wajah yang berkaitan dengan ekspresi.