Pecahnya pembuluh darah di otak

AS Info Penanya: AS, Wanita, 2019 Tahun
Ayah sy sdh 2 minggu d ICU stlh menjalani operasi pecah pembuluh darah d otak.. tingkat kesadaran ada d poin 7.. ventilator sdh d ganti dg trakeostomy.. ? 99-100Spo2 100Nibp 139/96Resp 22-27 terkadang naik ke angka 32Hasil operasi d katakan berhasil dan sdh bs d katakn mengering bekas operasi ny,,hny menurut dktr d ICU pernafasan ny yg blm teratur dok.. DM normal 179.. yg mau sy tanyakan dok kira2 kondisi ayah sy ini apakah msh bs sembuh..?? Knp ayah sy msh blm bs lepas dr alat bantu nafas ny.. apakah normal ini dok,, biasa ny brp lama pasien sprt ayah sy akan pulih kembali..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Pecah pembuluh darah di otak dapat dipicu oleh beberapa faktor risiko seperti:

  • Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol
  • Mengalami stroke perdarahan
  • Adanya aneurisma atau pembuluh darah otak yang bentuknya tidak normal dan berisiko pecah
  • Kelainan pembuluh darah otak atau malformasi pembuluh arteri dan vena
  • Kelainan darah
  • Penggunaan obat tertentu
  • Trauma atau cedera kepala berat

Pembuluh darah yang pecah dapat menimbulkan risiko penekanan jaringan otak, kerusakan jaringan sampai kematian jika tidak ditangani segera dimana darah dapat mengumpul dan menekan otak dimana salah satu gejala utamanya adalah muntah menyembur, sakit kepala hebat, sampai penurunan kesadaran.

Penangan yang dilakukan salah satunya adalah dengan operasi untuk mengevakuasi darah dari otak dan menghentikan perdarahan yang timbul. Proses penyembuhan sendiri tidak bisa diperkirakan tergantung dari berat ringannya kondisi yang terjadi pada ayah Anda, ada tidaknya kerusakan pada otak yang dapat menetap atau tidak, cepat lambatnya penanganan dilakukan sebelumnya, komplikasi saat operasi, penyakit penyerta lain dan faktor lainnya.

Untuk itu ada baiknya berkonsultasi secara lengkap pada dokter saraf dan dokter bedah saraf yang menangani orang tua Anda mengenai kondisi ayah Anda saat ini untuk mendapat informasi lengkap berdasarkan pemeriksaan pada orang tua Anda dan juga kemungkinan rencana penanganan kedepannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama pada luka berdarah harus dimulai dengan menghentikan perdarahan terlebih dulu

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama ketika Anda Alami Luka

Kecelakaan dan keadaan darurat bisa terjadi tanpa diduga. Penting untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kondisi-kondisi tersebut, khususnya pada luka dan tersedak. Dengan ini, Anda lebih siap dan sigap dalam menanganinya, sebelum mendapatkan pertolongan medis.