Kenapa payudara keluar nanah?

CM Info Penanya: CM, Pria, 29 Tahun
Dok mau tanya... saya punya anak unurnya 1 tahun 4 bulan..' dan selama itu anak saya hanya mnghisap payudara saya yang sebelah kiri.'dan trnyata setelah saya remas pyudara saya sperti ada bnjolan dan nyeri, dan keluar cairan seperti nana. Kalau boleh tau apa pnyebabnya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CM,

ASI merupakan kebutuhan dasar seorang bayi dan wajib diberikan minimal selama 6 bulan pertama untuk memberikan antibodi ibu ke anaknya. Idealnya menyusui harus dengan kedua payudara secara bergantian. Bila menyusui pada salah satu payudara saja, maka akan terjadi penumpukan ASI dan akhirnya menyumbat dan timbul peradangan dan pembengkakan yang disebut dengan mastitis. Selain faktor menyusui hanya dengan satu payudara, mastitis juga bisa dipicu oleh pemakaian bra yang terlalu ketat.

Namun selain mastitis, benjolan pada payudara juga bisa disebabkan oleh kista, fibrokistik, atau Intraductal papilloma. Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter bedah untuk memastikan penyebab benjolan pada payudara Anda.

Saat ini yang dapat Anda lakukan di rumah adalah :

  1. Kompres benjolan menggunakan air hangat secara rutin.
  2. Benjolan jangan dipencet-pencet.
  3. Minum paracetamol bila benjolan terasa sangat nyeri atau timbul demam.

Segera lakukan pemeriksaan ke dokter bedah untuk mendapat penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab payudara terasa nyeri dan kencang bisa menjadi tanda adanya penyakit

Payudara Sakit Belum Tentu Gejala Kanker, Mungkin Ini Penyebabnya

Penyebab payudara terasa nyeri dan kencang adalah karena perubahan hormon, kista, mastitis, hingga masalah kesehatan lainnya seperti iritasi atau ukuran payudara.