14 Dec 2020, 18:47Kanker

Pembengkakan pada kaki apakah berkaitan dengan kanker payudara ?

RK
Info Penanya: RK, Pria, 2021 Tahun
Shalom om swastiastu namo budaya shalom kebajikan..mau tanya dok ,apakah pembekakan di kedua area kaki ada kaitannya dengan kanker di payudara..pasti payudaranya sebelah kiri..sebelum terjadinya efusi pluera sudah membengkak setelah di oprasi dalam penyedotan cairan pun masih tetap membengkak..mohon di jawab. Trima kasih.
397 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang,Kanker payudara bisa bermetastase (menyebar) pada area terdekatnya yaitu paru-paru. Efusi pleura menandakan adanya peradangan dan kerusakan pada paru yang disebabkan oleh sel-sel kanker. Selain itu bila kanker payudara juga bisa bermetastase ke organ yang lebih jauh melalui kelenjar getah bening yang terdapat pada payudara kemudian ke kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Kelenjar getah bening (sistem limfatik) merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh. Sistem ini berisi cairan limfatik yang bekerja menyaring zat-zat asing atau kuman-kuman dari jaringan-jaringan tubuh yang kemudian diproses untuk dilumpuhkan dan dikeluarkan dari tubuh.

Sel-sel kanker yang masuk ke aliran limfatik menyebabkan penyumbatan sehingga terjadi penumpukan cairan-cairan limfatik di jaringan termasuk paru, lengan, dan tungkai kaki.

Penanganan pada kanker payudara yang sudah bermetastase tidaklah mudah. Perlu perawatan yang intensive oleh kolaborasi dokter-dokter spesialis seperti bedahatau onkologi, penyakit dalam, dsb.kank, serta penanganan dengan pembedahan serta kemoterapi untuk melawan sel-sel kanker. Setelah pembedahan payudara adanya pembengkakan diakibatkan cairan yang berasal dari pembuluh darah dan serta gangguan sistem limfatik karena sudah terpotongnya saluran limfatik pada payudara yang diangkat. Karena itu akan dipasang selang untuk mengeluarkan cairan-cairan tersebut. Pembengkakan juga disebabkan peradangan paska operasi. Hal ini akan berangsur berkurang selang beberapa hari hingga minggu. Apabila ada hal yang belum jelas bisa ditanyakan juga dengan dokter spesialis bedah/onkologi mengenai kondisi pasien.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
kelenjar getah beningkanker payudarapembengkakan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil