26 Dec 2020, 07:30Penyakit Lainnya

Penyebab nyeri payudara pada wanita remaja

NF
Info Penanya: NF0
Assalamualaikum dok, saya mau nnya. Saya umur 17 taun, tpi payudara saya suka nyeri banget dua²nya. Kalo saya mandi suka saya urut gitu, dan agak enakan. Tpi pas beberapa hari kemudian, sakit lagi. Pas saya urut juga kayak ada benjolan gitu. Itu kenapa ya dok? Demi Allah saya takut dok:( tolong jawab ya:( Terimakasih dok Wassalamu'alaikum.
370 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, N.Payudara merupakan organ yang dipengaruhi oleh hormon esterogen dan progesteron. Jika hormon ini terganggu di dalam tubuh, maka dapat menimbulkan masalah di payudara. Gangguan di payudara dapat berupa benjolan yang teraba saat menstruasi ataupun tidak, rasa nyeri pada payudarn, gatal dan bengkak pada payudara.

Penyebab nyeri payudara pada wanita remaja

Penyebab nyeri payudara pada wanita remaja biasanya dikarenakan :
  • Faktor prubahan hormon, atau hormon yang tidak stabil.
  • Kelelehan akibat pelajaran maupun urusan sekolah dan hubungan dengan teman membuat Anda stress sehingga menganggu metabolisme di dalam tubuh.
  • Gejala sebelum datang bulan menyebabkan payudara nyeri.
  • Kelenjar payudara yang teraba akibat perubahan hormon saat menstruasi.
  • Ketidakseimbangan gizi yang mengatur metabolisme tubuh seperti malnutrisi atau obesitas.
  • Tumor jinak pada payudara dapat berupa FAM yang memberikan gambaran benjolan kecil, tidak bertambah besar, dan tidak nyeri, permukan halus, dapat bergerak saat dipegang.

Apa itu periksa payudara sendiri (SADARI) ?

Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin untuk melihat perubahan pada payudara, apka terdapat benjolan, maupun masalah lain di payudara seperti keluar cairan dari puting, infkeis pada kulit payudara, dan rasa nyeri payudara saat dipegang.

Bagaimana cara melakukan periksa payudara sendiri (SADARI) ?

SADARI dilakukan saat wanita sedang tidak menstruasi dengan cara berdiri di depan cermin, buka pakaian dan BH Anda, perhatikan kondisi payudara dan puting, lakukan penekanan ringan pada payudara diikuti gerakan memutar secara perlahan, apakah terdapat nyeri, dan benjolan saat pemeriksaan, dan apakah ada cairan yang keluar dari puting. Pemeriksaan ini juga dapat Anda lakukan saat mandi atau berbaring.Jika saat pemeriksaan terdapat benjolan pada payudara, dimana benjolan ini tidak hilang walau sedang dalam masa tidak haid, bertambah besar, disertai nyeri, dan penurunan berat badan, segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari
premenstrual syndrome (PMS)tumor jinak payudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil