13 Jun 2020, 18:55Kanker

Apakah tanda dan gejala dari kanker payudara?

NW
Info Penanya: NW, Wanita, 19 Tahun
Malam dok, saya wanita berusia 19 tahun. Sore ini saya merasakan bagian puting payudara saya dan sekitarnya gatal, setelah saya lihat putingnya agak masuk ke dalam. Akan tetapi setelah saya gerakkan dan memencet sedikit daerah di sekitar puting, puting saya kembali seperti biasa. Saya pernah membaca artikel mengenai kanker payudara, dimana beberapa ciri-cirinya seperti daerah payudara terasa gatal dan puting masuk ke dalam. Tapi saya tidak merasa sakit apa-apa dok. Apakah saya terkena kanker?
14272 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, NWTerima kasih atas pertanyaan AndaKanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya mutasi sel yang mengakibatkan sel tersebut tumbuh pesat dan tidak terkendali. Kanker bisa terjadi pada hampir seluruh sel pada tubuh, termasuk apda payudara baik pada pria ataupun pada wanita.Kanker payudara merupakan adanya pertumbuhan sel kanker pada payudara. Kanker payudara ini dapat menyerang segala usia mulai remaja hingga lanjut usia. Umumnya keluhan utamanya berupa adanya benjolan yang dirasa tidak wajar pada payudara. Untuk itu, setiap orang (terutama wanita) diwajibkan untuk secara rutin melakukan SADARI (periksa payudara sendiri).

Adapun tanda dan gejala dari kanker payudara adalah:

  • Adanya bejolan pada payudara
  • Adapnya perubahan bentuk dan atau ukuran payudara
  • Adanya perubahan pada kulit payudara (bersisik, atau kasar, seperti kuit jeruk)
  • Adanya perubahan pada putting (tertarik kedalam, miring)
  • Keluarnya cairan dari puting
  • Adanya perubahan warna pada area payudara
Hingga saat ini belum diktehaui penyebab pasti. Namun beberapa penelitian menyebytkan pola hidup, faktor hormonal, dan juga lingkungan sekitar dapat meningkatkan faktor risiko terkena kanker payudara.Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang bila diperlukan seperti pemeriksaan usg, pemeriksaan mammografi, dan lain sebagainya. Selain itu rasa gatal pada payduara bisa juga disebabkan adanya iritasi pada puting payudara, mastitis, kulit kering (pada area payudara), atau bahkan infeksi jamur ataupun infeksi bakteri.Untuk memastikannya, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis bedah terdekat. Usahakan tetap makan makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan cairan Anda dan lakukan olahraga.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian 
kanker payudaratumor jinak payudarapayudaraabses payudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil