Apa ciri payudara tidak normal?

DF Info Penanya: DF, Pria, 19 Tahun
Dok saya mau bertanya Bentuk puting berubah (masuk ke dalam payudara)Keluar cairan (bukan ASI) dari putingTerdapat bintil di sekitar puting danPermukaan kulit payudara mengkerut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Payudara merupakan bagian organ tubuh wanita yang sangat sensitif. Pada umumnya, payudara akan mengalami perubahan bentuk karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, siklus menstruasi, hamil, dan menyusui. Selain itu, dipengaruhi juga oleh faktor aktivitas dan kegiatan sehari-hari. 

Perubahan puting payudara yang perlu di waspadai, yaitu:

  • Ukuran puting dan payudara yg berubah. Jika payudara mengalami ukuran yang semakin membesar, tidak simetris, bisa saja itu gejala dari mastitis (infeksi jaringan payudara) atau bisa juga kanker payudara.
  • Puting masuk ke dalam. Jika puting payudara tiba-tiba masuk ke dalam, maka itu hal yang tidak normal dan harus segera periksa ke dokter.
  • Warna dan tekstur puting yang berubah. Jika warna puting berubah semakin hitam, kemungkinan penyebabnya karena perubahan hormon. Tapi jika di sekitar puting terdapat bintik-bintik dan tekstur tidak rata, sebaiknya bisa periksakan ke dokter karena hal tersebut tidak normal.
  • Benjolan di area puting. Jika di area puting terdapat benjolan, bisa disebabkan karena kondisi saluran susu yang tersumbat, infeksi ringan, papilloma intraduktal, dan kanker payudara. 

Untuk memastikan gejala Anda ini, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter karena kondisi payudara Anda ini tidak normal dan untuk memastikan apakah kondisi ini merupakan tanda keganasan atau tidak. Sehingga Anda mendapatkan terapi yang tepat sesuai dengan penyebabnya. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala kanker serviks umumnya baru akan muncul saat kanker mulai menyebar ke jaringan di sekitarnya

Kenali Gejala Kanker Serviks Berikut Ini, Sebelum Terlambat

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang ditakuti wanita. Upaya pencegahannya dapat dilakukan dengan mengetahui beberapa gejala kanker serviks yang umum terjadi, misalnya perdarahandi luar masa menstruasi.