Payudara kecil, apa penyebabnya?

SH Info Penanya: SH, Wanita, 16 Tahun
Dok, saya mau bertanya, juli ini saya beranjak 17tahun tapi kenapa payudara saya masih seperti payudara anak sd, dia tidak berkembang, apakah memang karna gen saya seperti itu atau ada hal lainnya... mohon dijawab nggih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SH, 

Payudara kecil adalah hal yang normal dimana ukuran payudara pada setiap orang dapat berbeda-beda. Jika payudara kecil tetapi sudah menstruasi dan menstruasi lancar maka hal tersebut menunjukan kondisi normal. Perlu diperhatikan jika sudah 17 tahun tapi payudara kecil dan belum menstruasi.

Payudara sendiri membesar sebagai tanda perubahan tubuh ketika pubertas, tapi hal ini bisa dipengaruhi banyak hal seperti misalnya faktor genetika, asupan makanan, kebiasaan harian, berat badan atau status gizi dan lainnya.

Tidak perlu minder jika memiliki payudara kecil, bisa juga dilakukan beberapa hal agar membuat payudara kencang dan tidak minder. Beberapa caranya seperti:

  • Olahraga teratur terutama olahraga yang mengencangkan otot dada
  • Makan sayur dan buah lebih sering
  • Jaga berat badan ideal
  • Bisa tidur dengan posisi terlentang jadi payudara tidak terimpit sebelah
  • Lakukan pijatan ringan pada payudara untuk meningkatkan aliran darah ke jaringan payudara
  • Hindari asap rokok

Bisa juga ubah penampilan dalam berbusana agar bisa lebih percaya diri seperti gunakan bra dengan tambahan pad busa atau kawat, bisa pakai pakaian yang tidak terlalu ketat atau memperlihatkan ukuran payudara. Jadi perlu tetap percaya diri ya dan lakukan pemeriksaan SADARI agar menilai apakah payudara tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terdapat beragam bentuk payudara normal, salah satunya adalah bulat sempurna

12 Bentuk Payudara yang Paling Sering Dijumpai pada Wanita

Payudara dan puting setiap wanita pasti memiliki perbedaan ukuran, bentuk, bahkan warna. Bentuk payudara juga tidak tetap sama seumur hidup. Pasalnya, payudara akan berubah sesuai fase-fase kehidupan yang dilalui oleh wanita.