06 Sep 2020, 11:39Penyakit Lainnya

Payudara nyeri dan ada benjolan, apa penyebabnya?

SD
Info Penanya: SD, Wanita, 26 Tahun
Selamat siang dok.Saya septi umur 28 tahun.Saya mau bertanya di payudara sebelah kiri bagian bawah ada benjolan terasa nyeri sekali, karna teras nyeri saya minum asam mefenamat dan nyeri pun hilang, taoi benjolan masih ada, memang dri hari ke hari selama 3 hari ini semakin mengecil sedikit demi sedikit, kebetulan saya pernah memakai bh ketat lalu di garis bh bagian bawah itulah keluar benjolan tsb.Apakah penggunaan bh ketat bisa menimbulkan benjolan karna infeksi ?
3132 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore SD,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Benjolan di payudara sebenarnya adalah hal yang normal. Payudara terkadang akan teraba benjolan saat akan menstruasi atau sedang berada pada masa subur. Namun jika benjolan teraba semakin membesar dan menetap disertai dengan keluhan nyeri atau sakit, perlu di waspadai adanya penyakit tertentu.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan di payudara :

  • Fibroadenoma
    Tumor yang sering terjadi pada payudara, umumnya tidak nyeri, teraba bulat, kenyal. Penyakit ini berkaitan dengan gangguan hormon.
  • Fibrokistik
    Teraba benjolan, bisa keluar cairan pada puting. Penyakit ini bisa di sebabkan karena gangguan hormon selama siklus menstruasi.
  • Kista
    Benjolan yang disebabkan karena cairan yang menumpuk.
  • Papiloma intraduktal
    Benjolan yang muncul, biasanya di sertai dengan pedarahan pada puting.
Jika benjolan di payudara teraba juga ada benjolan di ketiak, terjadi perubahan pada kulit payudara, keluar cairan bening pada payudara, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter bedah. Untuk diperiksakan lebih lanjut penyebab dari benjolan yang Anda alami. Selalu jaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, hindari rokok dan alkohol.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
kistapayudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil