11 Sep 2021, 19:22Penyakit Lainnya

Payudara nyeri, kenapa?

PA
Info Penanya: PA0
Selamat malam dok. Saya perempuan berusia 18 tahun,belum menikah dan melahirkan dok. Payudara sebelah kiri saya sering terasa nyeri dok. Ada seperti luka di bagian putingnya. Saat saya selesai mandi,tiba" luka kecil yg ada diputing saya itu mengeluarkan darah sedikit lalu besoknya payudara saya mulai mengeluarkan cairan bening dok. Payudara saya juga mulai membesar sebelah,putingnya bengkak,nyeri,dan muncul semacam titik luka diatas payudara saya tapi tidak ada benjolan sama sekali dok.
149 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, PTerima kasih atas pertanyaan AndaPayudara terasa nyeri dan keluar cairan bsia terjadi karena beberapa penyebab. Selain itu keluhan payudara nyeri dan keluar cairan bisa terjadi hanya pada salah satu sisi payudara ataupun kedua sisi payudara.

Berikut ini adalah kondisi yang bsia menyebabkan payudara terasa nyeri:

  • Infeksi bakteri pada payudara
  • Iritasi kulit
  • Adanya jerawat disekitar puting payudara
  • Folikulitis
  • Abses ataupun bisul di sekitar puting payudara
  • Kondisi medis yang lain
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab payudara terasa nyeri bisa dikarenakan oleh kondisi yang telah disebutkan di atas. Apabila keluhan ini belum juga membaik dalam waktu 3 hari dan atau disertai dengan gejala penyerta lain seperti demam, kemerahan, benjolan bernanah, dan lain sebagainya maka lakukanlah konsulatsi dan pemeriksaan dengan dokter terdekat. Semenatra Anda bisa menggunakan bra yang nyaman, berikan komres dengan air hangat, bersihkan kulit disekitar payudara, konsumsi makanan bergizi, dan hindari menyentuh payudara jika belum cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kesehatan wanitapayudaraabses payudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil