07 Dec 2020, 13:37Penyakit Lainnya

Mengapa payudara terasa membesar dan kencang?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Dok, besar payudara dipengaruhi berat badan. Akhir ini saya lihat berat badan saya menurun. Tapi saya lihat dan rasa, payudara saya kencang dan makin membesar diiringi rasa nyeri dikit sekiar payudara. Itu mengapa ya dok?
1731 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, SUTerima kasih atas pertanyaannya.Dari awal usia pubertas payudara akan mengalami pubertas.  Payudara tidak hanya dipengaruhi oleh berat badan tetapi juga akibat perubahan hormon hingga kondisi penyakit tertentu.

Penyebab payudara terasa membesar :

  • Saat akan menstruasi
    Ketika akan menstruasi, hormon akan naik dan turun sehingga menyebabkan payudara terasa membesar dan nyeri.
  • Kehamilan dan menyusui
    Sama seperti saat akan menstruasi, hormon saat kehamilan juga akan meningkat sehingga membuat payudara terlihat lebih besar serta bagian areola akan membesar dan sakit. Setelah kehamilan, payudara akan mempersiapkan untuk produksi ASI sehingga tetap akan membesar.
  • Penggunaan KB hormonal
    Pil KB memiliki hormon estrogen dalam kadar tinggi sehingga akan meningkatkan sensitivitas payudara.
  • Asupan makanan
    Konsumsi kafein dan makanan tinggi garam seperti makanan instan, makanan kemasan.
  • Gangguan pada payudara seperti abses, tumor payudara, ataupun infeksi pada payudara (mastitis). Umumnya akan teraba benjolan jika karena tumor dan nyeri, demam ketika ada abses dan mastitis.
Sebagian besar penyebab perubahan pada payudara karena faktor hormon.  Keluhan yang anda rasakan bisa saja karena akan menstruasi.  Apabila keluhan anda disertai demam, timbul nanah di payudara, atau teraba benjolan, periksa dokter guna dilakukanan pemeriksaan lanjutan.Sementara itu, anda dapat jaga pola makan sehat, istirahat teratur, kelola stress, perbanyak minum air putih, konsumsi banyak sayur dan buah, serta olahraga teratur guna menjaga kestabilan hormon. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanmenstruasipenggunaan kbibu menyusui
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil