Payudara membesar pada laki-laki yang baru saja disunat

S Info Penanya: S, Wanita, 17 Tahun
Dok, adik laki-laki saya beberapa bulan lalu sunat. Awal dari sebuah pubertas yang wajar. Akan tetapi dadanya mulai mengeras seperti anak perempuan sewaktu mengalami pubertas, ada sesuatu yang saat ditekan mirip dengan anak perempuan yang sedang pubertas. Apa ini wajar? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Pembesaran payudara pada anak laki-laki sering dialami saat masa puber. Penyebabnya bukan karena disunat tapi karena perubahan hormonal estrogen (pada laki-laki juga ada) dan testosterone. Sama dengan saat paruh baya akan terjadi perubahan kadar hormonal juga. 

Obat-obatan ada yang mempengaruhi kadar hormon, seperti antibiotik, obat maag, dan lainnya. Begitu pula penggunaan narkotika, antidepresan, ganja dan steroid.

Biasanya tidak perlu dilakukan terapi karena dalam 2-3 tahun akan kembali dengan bentuk semula. Bila terasa nyeri bisa dikompres dengan es. Namun bila dia tampak tidak nyaman, silahkan dilakukan pemeriksaan langsung dengan Dokter untuk tatalaksana selanjutnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat akupuntur sangat beragam mulai dari redakan nyeri hingga stres

Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan yang Terbukti Secara Ilmiah

Akupuntur merupakan metode yang telah terbukti membantu penyembuhan berbagai penyakit. Tidak lagi dilihat sebagai metode pengobatan tradisional, saat ini akupuntur sudah masuk sebagai salah satu cabang keilmuan untuk dokter spesialis.