Payudara kiri terasa sakit, apakah penyebabnya?

NW Info Penanya: NW, Wanita, 19 Tahun
Siang dok, saya wanita berusia 19 tahun. Dok, beberapa hari ini saya merasakan nyeri pada payudara sebelah kiri saya ketika saya mengambil nafas dalam2 dengan posisi badan guling menyamping ke kiri. Nyerinya berlangsung selama saya menarik nafas dan hilang ketika saya berhenti menarik nafas. Kadang nyerinya menjalar ke bahu, kadang juga tidak. Saya jg kadang2 merasakan ngilu di bagian leher sebelah kiri saya. Apakah saya mengalami penyakit serius? Spt kanker payudara atau sakit jantung
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NW

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri pada dada seorang wanita, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah adanya cedera pada otot dan atau tulang dada, adnaya penyakit pada payudara, adanya penyakit jantung, adanya penyakit paru, adanya masalah pencernaan (GERD), atau karena kondisi medis lainnya.

Terkait nyeri pada payudara sendiri, bisa disebabkan oleh beberapa hal, selain nyeri biasanya diikuti dengan adanya benjolan, pembangkakan pada area payudara, keluarnya cairan dari payudara, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan nyeri pada payudara adalah:

  • Adanya masalah pada organ reproduksi
  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya infeksi pada payudara
  • Adanya keganasan
  • Adanya peradangan, seperti mastitis

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk mengetahui penyebab dari nyeri yang Anda rasakan. Bila perlu, mungkin dokter akan merujuk ke dokter spesialis lain seperti dokter spesialis bedah, bila diperlukan.

Usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, perbanyak buah-buahan dan juga sayur, hindari telat makan, hindari stres dan kelelahan, cukupi kebutuahn cairan serta jaga kebersihan diri dan lingkungan.

Semoga bermanfaat,

 

Salam sehat,

 

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri dada sebelah kanan juga bisa disebabkan karena asam lambung, stres, atau peregangan otot berlebihan

Nyeri Dada Sebelah Kanan, Ada Apa Gerangan?

Bukan penyakit jantung, penyebab lain nyeri dada sebelah kanan adalah asam lambung, pneumonia, pankreatitis, stres, atau karena peregangan otot yang berlebihan.