07 Mar 2021, 15:00Kandungan

Apa yang menyebabkan nyeri pada kedua payudara ?

SJ
Info Penanya: SJ0
Halo dokter, saya 36 thn, sy haid tgl 7 februari, tgl 10 selsai haid dan tgl 13 -18 sy berhubungan intim dengan suami,...1 minggu kemudian payudara sy mulai nyeri, suka mual dan agak pusing...tgl 5,6,7, payu dara sy masih nyeri, agak pusing dan kurang sehat
227 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Keluhan nyeri di payudara terutama nyeri yang terus menetap bahkan bertambah berat dan tidak hilang walau sudah mengkonsumsi obat membuat wanita merasa cemas. Kecemasan akan bertambah jika keluhan diikuti dengan telat haid. Penyebab nyeri di payudara salah satunya tanda awal bahwa wanita sedang mengandung.

Apa yang menyebabkan nyeri pada kedua payudara ?

Keluhan nyeri pada kedua payudara diikuti dengan mual dan pusing selain karena perubahan hormon kehamilan jika saat berhubungan seksual terjadi pembuahan, bisa disebabkan faktor lain seperti :
  • Gejala premenstrual sindrome (PMS).
  • Ketidakseimbangan hormon akibat penggunaaan alat kontrasepsi hormonal.
  • Adanya infeksi, peradangan dan tumor di payudara termasuk FAM.
Selain itu, keluhah pusing dan mual yang Anda rasakan bisa karena asam lambung yang meningkat dicetuskan oleh stress, makanan, minuman, obat, kebiasaan telat makan dan berbaring setelah makan. Vertigo dan anemia juga bisa menimbulkan gejala yang sama.Lakukan pemeriksaan test pack jika Anda mengalami telat haid, makan yang teratur, pelan-pelan saat pindah posisi, lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dan kontrol ke dokter spesialis kandungan jika keluhan tidak kunjung membaik.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
trimester pertama kehamilantes kehamilantumor jinak payudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil