patah tulang tidak operasi lalu bengkok, apakah bisa diperbaiki?

AB Info Penanya: AB, Pria, 26 Tahun
Ssaya mengalami patah tulang tangan setahun yg lalu, dan saya tidak melakukan oprasi,dan skrng kondisi tangan saya bengkok, apa tangan saya masih bisa di perbaiki
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AB

Terimakasih telah bertanya di SehatQ.

Jika memang seseorang mengalami patah tulang, penanganannya pun tergantung jenis dari patah tulang tersebut apakah hanya retak atau kah patah dengan garis patahan yang lurus atau miring atau patahan tulang hancur. Biasanya kondisi patah tulang memang memerlukan penanganan lanjutan seperti operasi. Hal ini diperlukan agar tulang yang patah dapat dilakukan penyambungan yang tepat agar proses penyembuhannya baik dan hasilnya pun baik. Penanganan utama saat patah tulang adalah memeriksakan diri ke dokter spesialis ortopedi atau dokter ahli bedah tulang.

Jika tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan sejumlah gangguan seperti:

  • Membuat tulang tampak bengkok karena tulang yang patah sembuh tetapi tidak menyambung sempurna sehingga bentuknya menjadi tidak normal
  • Tulang tidak menyambung
  • Mengalami komplikasi seperti kompartemen sindrom akibat penanganan seperti urut atau dibebat dengan kencang
  • Menimbulkan infeksi sehingga dapat menyebabkan kematian jaringan yang memerlukan penanganan seperti diamputasi

Apabila sudah menjadi bengkok maka perlu dikonsultasikan pada dokter spesialis ortopedi untuk penanganan lanjutan karena sering kali menjadi permanen dan perlu tindakan bedah untuk memperbaikinya. 

Semoga bermanfaat penjelasan ini.

Salam sehat,

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala patah tulang biasanya berupa memar di atas tulang, hilangnya fungsi, dan nyeri di area cedera

Patah Tulang: Jenis, Gejala, dan Pengobatannya

Patah tulang memiliki berbagai jenis. Pengobatan patah tulang pun dilakukan sesuai dengan jenisnya. Biasanya, risiko patah tulang atau fraktur dipengaruhi oleh usia, asupan gizi, dan aktivitas harian.