Gatal di area tulang rusuk pasca kecelakaan, kenapa?

NL Info Penanya: NL, Wanita, 1 Tahun
Satu bulan yg lalu ayah saya mengalami patah tulang rusuk karna kecelakaan dan saat ini mengali gatal bagian dada atau diarea rusuk yg patah itu, kenapa ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NL.

Kecelakaan adalah hal yang tidak ingin dialami oleh siapapun, karena bisa menyebabkan rasa trauma pikiran dan gangguan fisik seperti cedera pada anggota-anggota tubuh. Salah satu gangguan fisik yang disebabkan oleh kecelakaan adalah patah tulang. Ketika seseorang mengalami patah tulang, harus dilakukan penyambungan tulang kembali sesegera mungkin agar tidak terjadi komplikasi.

Apabila patah tulang dialami pada rusuk, biasanya akan dilakukan pembedahan terbuka untuk menyambung tulang tersebut. Setelah selesai pembedahan, bagian rusuk akan ditutup kembali sehingga akan ada bekas jahitan pada kulit. Bekas jahitan tersebut terkadang akan terasa gatal apabila masih mengalami peradangan. Pada orang tertentu, bekas jahitan tersebut bisa tumbuh sebagai keloid.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa gatal disebabkan oleh penyakit lainnya, dan secara kebetulan berada di area yang sama dengan bagian yang pernah patah. Misalnya, infeksi jamur (tinea corporis), infeksi bakteri, atau alergi.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membawa ayah Anda kontrol kembali kepada dokter yang melakukan tindakan pada saat terjadi kecelakaan tersebut. Dokter mungkin akan mengevaluasi bekas jahitan, dan memberikan terapi yang tepat. Jika ternyata disebabkan oleh penyakit lainnya, dokter akan merujuk ke dokter spesialis kulit.

Untuk sementara, hindari menggaruk bagian yang gatal karena dapat memicu infeksi lanjutan. Hindari berkeringat berlebih, gunakan pakaian berbahan menyerap keringat yang tidak terlalu ketat. Dari pola makan, konsumsi protein yang cukup agar penyembuhan berjalan maksimal ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi bibir sumbing bisa kembalikan fungsi dan penampilan bibir anak seperti semula

Operasi Bibir Sumbing pada Anak, Bisakah Kembalikan Penampilannya?

Operasi bibir sumbing adalah solusi paling efektif untuk merawat bibir maupun langit-langit mulut yang tidak menutup sempurna. Tak hanya masalah estetika, operasi juga perlu dilakukan agar mulut bisa berfungsi sempurna.