03 Mar 2021, 02:16Penyakit Lainnya

Apakah tulang yang retak dapat kembali sembuh?

RP
Info Penanya: RP, Pria0
Maaf dok mau tanya Saya mengalami persendian retak,sudah lama belum sembuh-sembuh. Apakah masih bisa sembuh lagi ia dok?
188 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, RPTerima kasih atas pertanyaannya.Tulang retak termasuk pada kondisi medis dimana adanya kerusakan pada tulang.   Retak termasuk pada jenis dari patah tulang atau biasa disebut fraktur.  Hal ini dapat terjadi karena suatu benturan, tekanan berlebih yang terus menerus ataupun adanya penyakit yang menganggu tulang seperti osteoporosis.  Baik retak ataupun patah pada tulang dapat berbeda-beda jenisnya dan penangannnya pun akan berbeda.

Gejala dan tanda patah tulang :

  • Nyeri.
  • Bengkak.
  • Kemerahan hingga ungu.
  • Tulang dapat mengarah ke arah yang berbeda.
  • Tidak dapat dijadikan sebagai tumpuan.
  • Tidak dapat digerakkan.
  • Terkadang akan terdengar suara seperti tulang bergesek pada bagian yang sakit.
Untuk menentukkan keadaan tulang seseorang perlu dilakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan rontgen pada bagian yang mengalami sakit atau bengkak.  Setelah itu baru akan diputuskan penanganan apa yang sesuai dengan kondisi patah tulang yang terjadi.Tujuan dari penangangan patah tulang adalah meminimalisir pergerakan sehingga penyembuhan tulang dapat berlangsung dengan baik dan berfungsi seperti sebelumnya. Terkait yang anda tanyakan, jika sudah lama dan menimbulkan gangguan saat aktivitas ada baiknya periksa ke dokter spesialis ortopedi sehingga akan dilakukan pemeriksaan seperti rontgen apakah tulang sudah menyambung atau terdapat gangguan yang lain pada persendian atau otot. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
patah tulangkesehatan tulangpenyembuhan tulang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil