Melahirkan normal setelah patah tulang selangka, apakah bisa?

DL Info Penanya: DL, Wanita, 28 Tahun
Selamat malam. Mau bertanya dok. Apakah wanita yg pernah mengalami patah tulang misal tulang selangka atau tangan bisa melahirkan secara normal?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DL.

Melahirkan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh seorang wanita, setelah menjalani kehamilan selama kurang lebih sembilan bulan. Setelah melahirkan, seorang wanita resmi mendapat gelar baru, yaitu 'ibu'.

Saat ini, ada dua cara untuk melahirkan, yaitu pervaginam (melalui vagina secara normal) atau dengan operasi Sectio Caesarea. Pemilihan cara melahirkan biasanya ditentukan bersama-sama secara musyawarah oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan atau tenaga kesehatan lainnya, dan pihak ibu sekeluarga. Metode manapun yang dipilih, tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Keduanya tetap menjadikan seorang wanita sebagai ibu.

Terkait pertanyaan Anda, seorang wanita yang pernah mengalami patah tulang bisa melahirkan secara normal, apabila sudah sembuh. Bahkan, wanita yang memiliki riwayat patah tulang panggul (yang dekat dengan vagina) bisa melahirkan normal dengan kondisi tertentu.

Pastikan untuk melahirkan normal, Anda tidak memiliki kontraindikasi, misalnya:

Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, untuk mengetahui metode melahirkan yang cocok untuk kondisi Anda.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat ya.

 

Salam sehat,
dr Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keluarnya cairan menyerupai keputihan pascamelahirkan dapat menyebabkan masalah perkemihan

Lokia, Cairan Vagina yang Keluar Setelah Melahirkan

Lokia adalah keluarnya cairan dari vagina menyerupai keputihan setelah menjalani proses melahirkan. Cara mengatasinya dengan pembalut khusus untuk masa nifas.