Tungkai pendek sebelah setelah patah tulang panggul

YK Info Penanya: YK
Selamat malam dok, lima bulan lalu saya mengalami kecelakaan, yang mengakibatkan tulang panggul bagian kiri saya patah, setelah menajalani beberapa therapi, kaki bagian kiri saya lebih pendek sekitar 2Cm, yang mengakibatkan saya gampang lelah bila beraktifitas, bagaimanakah agar kaki saya bisa normal, dan sama ukurannya dengan kaki kanan saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YK.

Manusia dianugerahi sepasang kaki atau tungkai sebagai penyangga tubuh saat berdiri, berjalan, atau berlari. Jika terjadi gangguan pada tungkai, tentu akan mengakibatkan rasa tidak nyaman bagi orang tersebut. Misalnya, seperti yang Anda alami, yaitu perbedaan panjang tungkai yang disebabkan karena patah tulang panggul.

Saat mengalami patah tulang, biasanya akan dilakukan tindakan untuk mengembalikan tulang ke bentuk semula agar tidak terjadi komplikasi. Setelah dilakukan tindakan, tulang akan perlahan-lahan menyatu. Namun, tulang yang menyatu belum tentu bisa kembali ke bentuk semula. Terkadang, tulang akan memendek, seperti pada kondisi yang Anda ceritakan. 

Nah, perbedaan panjang tungkai Anda kemungkinan disebabkan oleh tulang panggul yang memendek. Tulang panggul dan tungkai terhubung oleh sendi, yang jika salah satu berubah bentuk, maka akan berakibat ke tulang yang lain. Oleh karena itu, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis ortopedi. Dokter mungkin akan menyarankan beberapa fisioterapi atau obat-obatan untuk meminimalisir perbedaan panjang tungkai Anda.

Selain itu, rutinlah mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan vitamin D, seperti keju dan susu. Anda juga bisa mendapat vitamin D dari berjemur matahari 15-30 menit per hari. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Varises bisa diatasi dengan melakukan olahraga teratur untuk memperlancar sirkulasi darah

Catat! Ini Cara Menghilangkan Varises yang Bisa Anda Coba di Rumah

Varises pada kaki kerap menjadi permasalahan, terutama karena wujudnya yang sangat jelas terlihat. Anda bisa memilih prosedur medis, atau menjalani perawatan alami, 5 cara ini dapat menghilangkan varises secara alami yang dapat Anda coba di rumah.