Bagaimana mengatasi patah tulang yang sudah lama?

JS Info Penanya: JS, Pria, 32 Tahun
Dok saya pria 32 tahun, mengalami patah tulang paha kiri pada tahun 2003 (17 tahun yang lalu) dan dilarikan ke alternatif patah tulang, dan hasilnya terjadi perbedaan panjang dengan kaki kanan. Apakah masih bisa dilakukan operasi penyembuhan dok? Terimasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, J.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Patah tulang adalah suatu kondisi cedera pada tulang akibat aktivitas fisik, trauma, ataupun hal yang lain. Resiko patah tulang tergantung pada beberapa faktor seperti usia, asupan gizi, dan juga aktivitas sehari-hari. Ada beberapa kategori patah tulang, yaitu displaced, non-displaced, terbuka, dan tertutup. 

Pengobatan patah tulang sendiri berdasarakan dari hasil rontgen. Rontgen digunakan untuk melihat seberapa parah tingkat kepatahannya dan apakah membutuhkan operasi atau tidak. Jika patah tulangnya cukup parah dan susunan tulang menjadi berantakan, biasanya akan dilakukan tindakan operasi untuk memasang pelat agar potongan tulang bisa bergabung. Tetapi, ada juga penanganan patah tulang yang tanpa operasi yaitu dengan splint, brace, dan juga gips. 

Untuk kondisi patah tulang Anda ini yang sudah berlangsung selama 17 tahun, saya sarankan untuk Anda melakukan pemeriksaan ke dokter ortopedi agar diperiksa dulu kondisi kaki Anda. Apakah masih bisa diperbaiki atau tidak. Ada beberapa kasus yang bisa diperbaiki, ada juga yang tidak. Oleh sebab itu, bisa lakukan pemeriksaan dulu agar di rontgen dll.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jenis penyakit tulang tak hanya osteoporosis, namun juga osteopenia, osteomalasia, dan penyakit Paget.

Selain Osteoporosis, Kenali Pula Jenis Lain Penyakit Tulang Berikut Ini

Anda mungkin hanya mengenal satu penyakit tulang, yaitu osteoporosis. Padahal, ada bebeberapa penyakit tulang lain, yang patut untuk diketahui. Jenis penyakit tulang lainnya tersebut termasuk osteopenia, osteomalasia, dan penyakit Paget.