Patah tulang paha sudah lama, menggunakan pengobatan tradisional dan berjalan pincang selama 5-6 tahun. Apakah operasi bisa memperbaikinya.

L Info Penanya: L, Pria, 2019 Tahun
Dok. Saya patah tulang paha sudah lama. Mula mula saya berobat ke pengobatan tradisional dan sembuh tetapi jaoan saya nggak lurus/ pincang. Dan saya sudah lama berjalan hingga 5-6 tahun. Apakah saya melakukan operasi jalan saya bisa kembali baik atau setidaknya lebih baik gtu dok. Dan berapa biaya keseluruhan jika saya melakukan operasi. Termasuk rawat inap
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, L

Terima kasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Seringkali pengobatan tradisional tidak berhasil memperbaiki alignment tulang yang patah. Sehingga hasilnya tidak simetris, karena tidak simetris poros gravitasi tubuh berubah. Sehingga jalan anda menjadi berubah pincang dan untungnya anda tidak mengalami nyeri kronis. Saat ini telah terbentuk jaringan tulang baru di daerah yang patah. Operasi bisa menanganinya dengan cara dokter akan membuat patahan baru dan memperbaiki tulang dengan lebih simetris. Untuk menjaga posisinya akan dipasang pen atau tindakan ORIF. Setelah beberapa bulan, tulang menyambung dengan baik dan anda tidak ada keluhan maka dilakukan operasi ulang untuk mencabut pen yang dipasang.

Masalah biaya tindakan dan rawat inap tergantung dari banyak faktor seperti fasilitas RS dan alat yang digunakan. Untuk lebih jelasnya anda dapat konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Orthopedi untuk mendapat informasi rencana tindakan, prosedurnya dan pemulihannya. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit punggung kronis adalah kondisi seseorang yang mengalami nyeri tulang punggung lebih dari 3 bulan

Penyebab dan Cara Mengatasi Tulang Punggung Sakit

Sakit dan nyeri tulang punggung berkepanjangan akan menganggu aktivitas. Beberapa penyebab tulang punggung sakit, antara lain masalah pada otot dan masalah pada bantalan tulang belakang. Jika dibiarkan, kondisi ini akan memicu penderita terkena sakit punggung kronis.