Kapan pasca operasi patah tulang diperbolehkan jalan kembali?

AA Info Penanya: AA, Pria, 21 Tahun
Halo dok.. usia saya 21 tahun , saya mengalami kecelakaan motor pada bulan Agustus 2019 atau 7 bulan yg lalu pasca operasi . Paha kiri saya patah dan dipasang plate and screw , dan dibantu kruk untuk berjalan . Kapan saya bisa berjalan normal lagi dok ? Dan kira kira kapan operasi pengangkatan plate dok ?Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, AA.

Operasi dipasangnya besi sebagai penyambung pada tulang yang patah sering kita dengar dengan nama ORIF (open reduction and internal fixation). Pada operasi ini, dokter biasanya akan memasang besi di dalam tulang kadang disertai dengan pemasangan lempengan besi di sisi tulang yang tujuannya untuk mengikat tulang yang patah agar tidak dapat bergeser sampai terjadinya proses penyambungan tulang kembali.

Tanda pasien patah tulang telah pulih :

  • Tulang yang patah sudah menjadi tersambung kembali
  • Garis-garis patah telah menghilang

Di dalam proses penyembuhan patah tulang, dokter akan menyarankan pasien untuk menggunakan alat bantu seperti gips, pen, dan kruk serta tongkat penyangga untuk membantu pasien agar dapat melakukan aktivitas. Pada bulan ketiga, biasanya pasien patah tulang sudah diperbolehkan untuk  melangkahkan kaki perlahan - lahan. Rasa sakit dan bengkak pasca operasipun sudah mulai berkurang. Pada kondisi ini sebaiknya pasien masih harus mengurangi aktivitas berjalan terlalu banyak.

Indikasi pengangkatan plat logam setelah penyembuhan patah tulang :

  • Indikasi relatif, operasi pengangkatan plat setelah proses penyembuhan patah tulang dapat dilakukan sesuai dengan permintaan dari pasien itu sendiri atau berdasarkan adanya keluhan yang dirasakan pasien saat itu. Pasien kadang mengeluh nyeri, sulit bergerak, rasa tidak nyaman pada bagian yang operasi, pembengkakan dan kondisi kaku pada bagian tulang yang sebelumnya mengalami patah. Kendati seperti itu, keluhan tersebut bukan hanya disebabkan oleh karena adanya plat logam akan tetapi keluhan ini dapat terjadi karena rasa trauma dari rangkaian operasi yang pernah dilakukan, ataupun proses penyembuhan patah tulang yang disertai jaringan parut.
  • Indikasi absolut, Pada sebagian besar kasus pasien dengan patah tulang, plat akan tetap dipertahankan sampai tulang dapat menyatu kembali seperti sedia kala. Untuk penanganan infeksi yang dapat ditimbulkan akibat proses pembedahan, dapat dilakukan pembersihan luka secara rutin dengan cairan antiseptik serta pemberian antibiotik minum dan juga salep. 

untuk kondisi yang terjadi pada diri Anda sebaiknya Anda menanyakan secara langsung kepada dokter spesialis orthopedi yang mengoperasi Anda agar lebih jelas, kemudian upaya yang Anda dapat lakukan dirumah dapat berupa latihan bergerak perlahan dengan dibantu keluarga Anda agar otot Anda tidak menjadi kecil akibat kurang bergerak.

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

 

Salam sehat,
dr. Sri Wulantini

 

 

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AA
12 Apr 2020, 01:10
Terimakasih dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Patah tulang ringan tak selalu operasi, tetapi bisa dengan gips.

Inilah Alternatif untuk Pengobatan Patah Tulang tanpa Operasi

Operasi seringkali menjadi pengobatan patah tulang yang terbilang serius. Selain operasi, patah tulang ringan juga bisa ditangani dengan splint,brace, dan gips sebagai alat penopang kaki.