25 May 2021, 07:34Penyakit Lainnya

Bagaimana jika tulang yang patah tidak lurus?

MR
Info Penanya: MR0
hallo dok kaki saya kan patah area fibula nya saya lakukan pengobatan ke ahli tulang tetapi sudah sebulan sya coba di ronsen dan hasil nya nyambung tetapi tidak lurus itu gmna yah harus lakukan oprasi atw tidak apaapa
123 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, MRTerima kasih atas pertanyaannya.Tulang dikatakan patah tidak hanya ketika tulang terbelah dua namun juga adanya retakan pada tulang dapat termasuk pada kategori patah tulang.Penanganan patah tulang diawali dengan pemeriksaan oleh dokter dengan melakukan pemeriksaan fisik dan juga rontgen sehingga dapat dipastikan bagian mana yang patah dan penanganan apa yang sesuai dengan kondisi patahnya. 

Tindakan dalam mengatasi patah tulang :

  • Mengurangi gerakan dengan menggunakan cara gips, pemasangan pen selama 2-8 minggu tergantung tingkat keparahan tulang yang patah. Dengan tindakan ini, diharapkan tulang dapat menyambung kembali dan berfungsi dengan baik.
  • Rehabilitasi dilakukan setelah tulang tersambung kembali untuk mengembalikan kekuatan otot selama pembatansan gerakan. Rehab dapat dilakukan di rumah ataupun dengan fisioterapi. 
Dalam proses penyembuhan tulang yang patah, dapat terjadi kondisi dimana tulang menyambung namun bukan dalam posisi yang benar.  Faktor ini dapat terjadi karena aliran darah yang tidak cukup selama penyembuhan, adanya gerakan yang salah saat pembatasan gerak, merokok, obesitas dan riwayat gula darah tinggi. Hal ini sesuai yang anda tanyakan, bila tulang menjadi tidak lurus maka anda bisa konsultasikan kembali pada dokter spesialis ortopedi anda apakah kondisi ini akibat penyambungan yang kurang sempurna atau karena patah yang terjadi cukup parah sehingga mengakibatkan penyembuhan yang kurang sempurna untuk dilakukan evaluasi lanjutan.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
masalah tulangpatah tulangpenyembuhan tulang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil