Bagaimana mengatasi hidung patah?

HD Info Penanya: HD, Pria, 20 Tahun
Nasal bone saya patah dikarenakan hantaman, pengobatan apa yang saya harus lakukan? Dan apabila operasi apakah di tanggung BPJS?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, H.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Tulang hidung terdiri dari beberapa tulang rawan sehingga rentan untuk patah dan retak jika mengalami cedera. Konidisi ini sangat tidak nyaman dan harus segera diatasi. 

Ada beberapa penyebabnya hidung patah, yaitu:

  • Cedera karena olahraga.
  • Pertengkaran.
  • Kekerasan dalam rumah tangga. 
  • Kecelakaan dalam berkendara.
  • Terbentur benda keras. 

Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter THT untuk melihat seberapa parah patah hidung yang Anda alami. Jika retakan pada hidung tidak parah dan tidak mengalami deformitas, maka dapat diatasi dengan obat pereda nyeri, kompres es batu, dan dekongestan hidung yang diresepkan oleh dokter. Tetapi, jika mengalami deformitas, maka pengobatan yang dilakukan berupa operasi tulang hidung. Untuk itu, Anda bisa melakukan pemeriksaan langsung ke dokter THT dengan menggunakan BPJS.

Sementara ini, perawatan hidung patah yang bisa Anda lakukan di rumah yaitu meletakan es batu yang dibungkus dengan kain pada hidung selama 15 menit, mengkonsumsi obat ibuprofen, dan memposisikan kepala lebih tinggi saat tidur.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Trauma psikologis bisa dipicu oleh stres berkepanjangan atau satu kejadian mendadak, seperti kecelakaan

Trauma Psikologis Bisa Lumpuhkan Kehidupan, Ini Cara Menyembuhkannya

Trauma psikologis berbeda dari rasa takut. Perasaan traumatis lebih dalam dari itu dan bisa mengganggu atau bahkan melumpuhkan kegiatan sehari-hari. Karena itu, segera jalani langkah-langkah untuk meredakannya, sebelum semuanya bertambah parah.