Bagaimana penanganan gigi bungsu yang patah dan miring?

DF Info Penanya: DF
Selamat malam dok, saya memiliki gigi bungsu yg tumbuhnya miring dan ada yg hanya keluar setengah, semuanya tumbuh tidak normal. Dan gigi bungsu bagian atas saya patah, saya dianjurkan untuk d cabut semuanya karena sakit sekali menggangu aktifitas saya. Saya takut dengan bius lokal dan dianjurkan bius total untuk 1 kali pengambilan ke 4 gigi saya. Apakah ada rekomendasi gambaran terkait biaya operasi nya...dan berapa lama prosesnya. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam DF,

Terimakasih atas pertayaan Anda di SehatQ.

Gigi bungsu atau gigi molar ketiga adalah gigi yang paling terakhir tumbuh. Gigi ini biasa tumbuh saat Anda berumur 19-23 tahun. Selain tumbuh belakangan, gigi bungsu ini juga memiliki karakteristik yang agak berbeda dengan gigi-gigi yang lain. Gigi bungsu bisa membawa masalah jika tumbuhnya miring, misalnya : kerusakan saraf pada gigi, perikondritis / infeksi, penumpukan plak, sakit kepala, demam, bau mulut dan gigi berlubang.

Pencabutan gigi bungsu tidak akan sakit jika disertai dengan obat penenang yang cukup. Akan tetapi, proses pemulihan yang cenderung lama. Lama proses pemulihan ini bisa terjadi berhari-hari.

Lama proses pencabutan gigi geraham bungsu relatif, tergantung dari posisi gigi dan tindakan apa yang diperlukan. Biasanya memakan waktu paling sebentar adalah 20 menit dan paling lama adalah 2 jam per gigi/tindakan.

Biaya proses pencabutan gigi geraham bungsu pun relatif, dilihat dari posisi gigi dan tidakan apa yang diperlukan. Dan tempat dimana Anda akan melakukan operasi. Biasanya berkisar antara 1,5 sampai 3 juta Rupiah per gigi/tindakan.

Jika Anda memerlukan informasi dan konsultasi lebih lanjut jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa sakit yang muncul ketika gigi bungsu tumbuh biasanya disebabkan karena impaksi gigi bungsu

Diagnosis dan Cara Mengatasi Impaksi Gigi Bungsu

Impaksi gigi bungsu umumnya bisa diketahui melalui rontgen gigi. Cara mengatasinya tidak bisa dilakukan di rumah, tetapi terdapat beberapa alternatif alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa sakit akibat impaksi gigi bungsu.