16 Jul 2021, 12:08Kandungan

Pasca keguguran haid tidak lancar, kenapa?

BN
Info Penanya: BN0
Siang dok saya mau bertanya, saya hamil di bulan Maret dan keguguran di bulan April, kembali haid di bulan Juni, tetapi di bulan Juli tidak haid lagi dan di testpack pun hasilnya negatif. Apakah ini normal?
51 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, BTerima kasih atas pertanyaan AndaKeguguran adalah keadaan saat seseorang kehilangan kandungan atau janin yang dikandungnya pada usia kehamilan kurang dair 20 minggu. Setelah terjadi keguguran, alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan dokter sehingga bisa diketahui pakaah perlu dilakukan tindakan kuretase ataukah tidak.Haid normalnya terjadi dengan siklus 21 - 35 hari dan rata-rata wanita bersiklus haid 28 hari. Haid yang tidak teratur biasanya terjadi karena adanya faktor yang mempengaruhi hormon tubuh ataupun kondisi kesehatan reproduksi wanita.

Di bawah ini adalah beberapa keadaan yang bisa menyebabkan haid tidak teratur:

  • Stres, emosi yang tdak stabil, cemas
  • Berat badan yang berubah drastis
  • Kelelahan fisik
  • Penyakit pada organ reproduksi wanita
  • Efek dari pemakaian KB
  • Ketidakseimbangan hormon-hormon tubuh
Terkait dengan kondisi yang terjadi pada Anda,jika sudah melakukan test pack hasilnay negatif, dan Anda curiga terjadi kehamilan silakan lakukan tes kehamilan ulang 1 minggu kemudian. Periksa ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui apakah kondisi Anda termasuk normal ataukah disebabkan karena adanya kondisi medis lain pada keshetaan organ reproduksi Anda. Jaga kebersihan area kewanitaan , hindari stres, jaga berat abdan ideal, konsumsi makanan bergizi agar haid kembali lancar.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
siklus haidmenstruasikeguguran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil