Paska suntik KB 3 bulan belum haid kembali, apa solusinya?

L Info Penanya: L, Pria, 2019 Tahun
6 bulan yang lalu saya melahirkan anak pertama, 1 bulan kemudian haid,Dan sya sempat suntik KB di bulan ke 3 tapi sekarang tidak suntik lagi. Dan sampai bulan ini saya belum haid.Apa solusinya dok.Dan berbahaya atau tidak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, L

Terima kasih atas pertanyaannya.

Suntik KB termasuk kedalam metode kontrasepsi hormonal. Untuk suntik 3 bulan diberikan dalam dosis dan bentuk yang dapat mencegah kehamilan selama 3 bulan. Sedangkan untik suntik 1 bulan dosisnya lebih kecil sehingga masih haid tiap bulannya. Setelah memutuskan berhenti suntik memang tidak selalu haid bulan berikutnya. Tapi bukan berarti belum bisa hamil karena bisa saja ovulasi terjadi namun haid belum keluar. Bila Anda telah melewati 3 siklus (3 bulan) tidak haid setelah suntik sebaiknya memeriksakan diri Anda ke Dokter Spesialis Kandungan untuk memastikan tidak ada gangguan di rahim, indung telur atau saluran tuba falopi.

Kemudian apakah Anda masih memberikan ASI karena pemberian ASI juga bisa mempengaruhi haid. Dan bila Anda stop suntik KB apakah Anda berencana untuk mengganti dengan metode lain atau memang ingin hamil kembali. Berikut artikel mengenai jenis-jenis kontrasepsi untuk Anda pelajari.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebagian pasangan melakukan program hamil agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya

Ingin Merencanakan Program Hamil yang Sukses? Ikuti Tips Ini

Mendapatkan anak merupakan salah satu keinginan terbesar bagi setiap pasangan. Sebagian pasangan bahkan melakukan program hamil khusus agar bisa mendapatkan keturunan secepatnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar program kehamilan berjalan sukses.