Paska operasi SC 2 bulan yang lalu, keluar darah menggumpal dan lendir coklat muda.

VU Info Penanya: VU, Wanita, 24 Tahun
Malam dok, saya habis operasi SC stelah 2bln kurang seminggu hingga 2bulan ini, awalnya mengelurkan lendir bening kental, lama kelama.an mengeluarkan lendir cokelat menggumpal, awalnya aku kira mau menstruasi tetaoi kok hanya mengelurkan darah menggumbal lalu lendir cokelat musa menggumpal, kira kira kenapa ya dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, VU

Beberapa minggu setelah melahirkan, ada beberapa kondisi yang terjadi pada seorang wanita pada masa nifas. Termasuk keluarnya darah setelah melahirkan (post partum bleeding). Karena tubuh mengalami banyak perubahan selama kehamilan, dan tubuh memerlukan waktu pemulihan untuk kembali ke  kondisi semula. Perdarahan tersebut lochia dan terjadinya sekitar 4-6 minggu setelah melahirkan. Darah yang keluar mengandung serpihan dinding rahim, lendir dan sel darah putih.

Seperti halnya menstruasi, perdarahan ini disebabkan oleh meluruhnya dinding rahim, dan proses pemulihannya. Pada tahap awal, sebagian besar lochia adalah darah. Namun, seiring berjalannya waktu akan ada lebih banyak lendir, dibandingkan darah.

Pada wanita yang melahirkan dengan operasi Cesarean, perdarahan lochianya lebih sedikit namun berlangsung selama beberapa minggu juga. Awalnya akan merah dan lama kelamaan menjadi coklat setelahnya kuning.

Anda dapat konsultasi juga dengan Dokter Spesialis Kandungan anda untuk informasi lebih detil. Saya lampirkan juga artikel mengenai Lokia, Cairan Vagina yang Keluar Setelah Melahirkan untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala servisitis atau radang serviks adalah iritasi pada vagina atau leher rahim

Waspada! 7 Gejala Ini Dapat Menjadi Tanda Anda Terkena Radang Serviks

Servisitis adalah peradangan serviks atau leher rahim. Pada sebagian wanita, gejala servisitis atau radang serviks seringkali tidak disadari, sehingga terlambat untuk ditangani. Gejala servisitis antara lain, yaitu gatal pada vagina, pendarahan vagina, dan nyeri panggul.