Paska operasi pengangkatan tumor di otak, berapa lama proses pemulihannya?

A Info Penanya: A, Pria, 40 Tahun
Dok istri saya sedang mengalami pasca operasi pengangkatan tumor di otak. Area yg dibedahnya diatas kening belakang garis rambut. Panjang sayatan sepanjang bando. Ini sudah 3 minggu berlalu, jaitan sudah dilepas pula. Nah yg ingin saya tanyakan umumnya berapa lama sih pemulihannya? Masalahnya istri saya masih sering mengeluh sakit di area jaitan meski obat pereda sakit sudah diminum. Secara psikologis istri saya memang mudah trauma. Bagaimana caranya agar cepat pulih makasih ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A

Operasi pengangkatan tumor di otak tergantung berat penyakit serta dari tekniknya. Apakah batok kepala dipasang kembali atau disimpan dulu sampai melewati fase pemulihan. Dan baru nantinya dipasang kembali. Pada pelepasan batok kepala, biasanya akan dipasang kembali setelah beberapa bulan. Untuk luka operasi di kepala biasanya pemulihannya lebih cepat daripada di tempat lain di kepala. Kecuali bila tampak tanda peradangan di kulit kepala seperti kemerahan, basah atau keluar cairan.

Tapi perlu diingat kondisi tumor otak pasti memberi beban psikologis pada istri Anda. Sehingga rentan terhadap stres, depresi dan gangguan psikis lainnya. Sehingga sebagai suami Anda harus lebih memberi dukungan dan bila memang mengganggu aktivitas istri Anda, sebaiknya diskusi dengan Dokter yang menangani untuk langkah selanjutnya. Saya lampirkan artikel mengenai makanan yang baik untuk otak sebagai referensi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Glioblastoma adalah tumor otak agresif yang biasa diderita oleh orang yang berusia 45 tahun ke atas

Seberapa Ganas Glioblastoma, Tumor Otak yang Diderita Agung Hercules?

Glioblastoma yang dialami oleh Agung Hercules merupakan jenis tumor otak agresif yang dapat menyebar secara cepat dan sulit disembuhkan. Beberapa gejala glioblastoma, antara lain sering sakit kepala, penglihatan buram, dan sering muntah.