Paska operasi amandel 3 minggu yang lalu dan saat ini masih nyeri

HD Info Penanya: HD, Wanita, 19 Tahun
Dokter saya mau bernyata, jadi sekitar 3 minggu yang lalu teman saya habis operasi amandel. Namun sampe sekarang dia masih mengeluh kesakitan buat menelan nasi ataupun untuk minum, alhasil dia jadi jarang makan. Nah pertanyaan saya, apakah itu dibiarkan saja sampe sembuh sendiri atau ada obat khusus untuk menghilangkan nyerinya dok? Bekas operasinya sekarang berwarna putih dan dia sekarang sedang mengkonsumsi obat antibiotik cefadroxil monohydrate, racikan dan betadine kumur dari rs. Apa obat tersebut tidak cocok ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, HDK

Terimakasih untuk pertanyaannya.

Operasi 3 minggu yang lalu seharusnya sudah tidak sakit. Apakah sakitnya baru saja timbul atau sejak operasi belum berhenti? Apabila masih nyeri sebaiknya konsultasi kembali dengan dokternya. Paska operasi bisa saja jaringan sekitarnya masih meradang hingga infeksi. Sehingga teman anda diberi antibiotik untuk mengatasinya.

Karena rongga mulut termasuk daerah paling kotor sehingga diberi betadine kumur dengan tujuan untuk membersihkan rongga mulut dan mencegah infeksi. Faktor lain yang berperan dalam mencegah infeksi adalah daya tahan tubuh yang dibentuk dan dipertahankan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah istirahat yang cukup dan makan makanan yang teratur.

Jangan lupa untuk kontrol ke dokter karena bila dibiarkan infeksinya akan semakin sulit sembuh.

Salam sehat,

dr. Andre Zaini

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya hati-hati dalam memilih obat untuk mengobati pilek dan flu pada anak

Cara Ampuh Mengobati Pilek dan Flu pada Anak

Meredakan pilek dan flu dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan pelembap udara (humidifier) untuk melegakan hidung yang tersumbat.