Paska kuret 3 minggu kemudian haidnya banyak, lama dan nyeri? Apakah normal?

N Info Penanya: N, Wanita, 30 Tahun
Saya ingin bertanya..paska kuret 3 minggu kemudian saya haid dan hari ke 4 sakit sekali..lalu di beri resep obat provera ooeh doktee..haidnya berhenti di hari ke 5-6 kemudian di hari ke 7 haid saya banyak lagi..apa kah itu normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NT

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apakah kuret Anda dilakukan karena indikasi perdarahan haid yang lama? Ataukah karena keguguran. Tujuan kuret adalah mengeluarkan jaringan penyebab perdarahan di dalam rahim. Setelah bersih dinding rahim dapat dibentuk kembali untuk melakukan penebalan dinding kembali agar siap ditanami sel telur yang telah dibuahi.

Kalau dari deskripsi Anda bahwa perdarahan baru keluar kembali setelah 3 minggu paska kuret. Kemungkinan perdarahan tersebut adalah kembalinya menstruasi disertai sisa darah dan jaringan dari rahim. Sehingga rahim berusaha mengeluarkan dengan kontraksi dan terasa nyeri sekali. Normal atau tidaknya tergantung dari berapa hari berturut-turut haid keluar dan apakah disertai demam. Bila ada kekhawatiran sebaiknya Anda kontrol kembali dengan dokter kandungannya untuk melakukan pemeriksaan lain seperti USG atau laboratorium darah untuk memastikan perdarahannya apakah sampai menyebabkan Anda anemia atau ada infeksi. Berikut artikel mengenai perdarahan haid berlebihan yang bisa menjadi referensi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres dan berat badan yang tidak normal dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi sebulan sekali. Siklus menstruasi adalah sesuatu yang alamiah dan normal, tetapi terkadang terdapat masalah pada siklus menstruasi. Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa pemicu dari menstruasi yang tidak lancar.