Paska kecelakaan, apa saja pantangannya?

SG Info Penanya: SG, Pria, 16 Tahun
Kalau luka kecelakan gitu.. pantangan nya apa aja ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SGA

Metode pemulihan paska cedera adalah dengan RICE (Rest, Ice, Eleveate and Compression). Jadi tergantung daerah mana yang dipengaruhi oleh kecelakaan anda. Daerah tersebut harus istirahat dan tidak boleh melakukan aktivitas yang tidak perlu. Lebih baik lagi bila dilakukan fiksasi dengan bebat agar daerah tersebut tidak bergerak. Misalnya cedera anda di tumit maka, maka telapak kaki dan betis yang letaknya berdekatan dengan daerah cedera tidak boleh bergerak agar dapat istirahat.

Kemudian diberikan kompres menggunakan es dibungkus kain dan bergantian dengan kompres hangat untuk mengurangi nyeri dan radangnya. Anda juga bisa membantu dengan minum obat pengurang nyeri yang dijual bebas di apotik/toko. 

Setelah itu daerah yang cedera posisikan lebih tinggi dari dada (jantung) anda agar aliran darah ke lokasi cedera berkurang. Tujuannya untuk mengurangi radang dan pembengkakan di daerah tersebut. Sebaiknya anda memeriksakan diri ke Dokter untuk evaluasi dan pemeriksaan tambahan seperti rontgen untuk memastikan apa saja dampak dari kecelakaan anda.

Tips Mengatasi Memar, Keseleo, dan Benjol Akibat Kecelakaan

Kecelakaan di Jalan Bisa Sebabkan Trauma Kapitis pada Kepala

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa manfaat baking soda, selain pengembang kue, seperti menghilangkan bau ketiak dan bahan kumur

Segudang Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan yang Tak Pernah Anda Bayangkan

Soda kue atau baking soda, mungkin sudah Anda dengar sebagai bahan pengembang kue. Namun manfaat baking soda tidak hanya untuk adonan kue saja. Bahan ini sudah banyak digunakan, untuk menghilangkan noda dan bau di berbagai tempat, bahkan untuk mengatasi sakit perut karena kondisi asam.